kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kementerian ESDM serahkan 300 PJU-TS kepada enam kabupaten di Maluku


Sabtu, 13 April 2019 / 08:43 WIB
Kementerian ESDM serahkan 300 PJU-TS kepada enam kabupaten di Maluku


Reporter: Filemon Agung | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - MALUKU. Sabtu pagi (13/4) Kementerian ESDM meresmikan dan menyerahkan 300 Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) kepada enam pemerintah kabupaten di Provinsi Maluku.

300 PJU-TS yang mulai dibangun sejak Agustus 2018 ini tersebar di Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Seram Bagian Barat, Maluku Tenggara, Buru Selatan dan Maluku Tengah.

Berikut rinciannya; 50 unit di Kepulauan Aru, 70 di Maluku Barat Daya, 50 unit di Seram Bagian Barat, 50 unit di Maluku Tenggara, 50 unit di Buru Selatan dan 30 unit di Maluku Tengah.

Peresmian berlangsung di Aula Kantor Bupati Maluku Tenggara. Dalam acara peresmian, Bupati Maluku Tenggara Muhamad Taher Hanubun mengatakan, kehadiran PJU-TS merupakan dambaan masyarakat Maluku, khususnya Maluku Tenggara. "Kami berharap akan ada penambahan, kami akan ajukan sekitar 200 unit di tahun ini," kata Taher, Sabtu (13/4)

Taher menambahkan, sejauh ini penerangan ditempatkan menuju lokasi-lokasi wisata. Pemerintah kabupaten berharap penambahan unit PJU-TS di sejumlah titik yang dianggap rawan.

Taher juga mengungkapkan pemerintah kabupaten sangat membutuhkan dukungan pemerintah pusat.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Mercy Chriesty Barends mewakili komisi yang menginisiasi program PJU-TS bersama pemerintah kabupaten bilang tingkat elektrifikasi Maluku Tenggara saat ini sekitar 86% hingga 87%.

"Semoga di tahun 2019 ini sudah bisa mencapai angka 90% rasio elektrifikasi," jelas Mercy.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Perencanaan Strategis Yudo Dwinanda Priaadi bilang pemasangan PJU-TS sangat cocok diaplikasikan di sejumlah titik yang kurang akses listrik PLN, jalan-jalan utama, jalan sekitar pemukiman dan jalan menuju lokasi wisata.

"Kami berharap sarana infrastruktur yang sudah dan akan dibangun dapat dijaga dengan baik oleh pemerintah kabupaten," pesan Yudo, Sabtu (13/4).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×