kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kerjasama dengan IKPP,RAJA Tambah Portofolio Jaringan Pipa Gas Lewat Anak Perusahaan


Kamis, 21 Desember 2023 / 09:40 WIB
Kerjasama dengan IKPP,RAJA Tambah Portofolio Jaringan Pipa Gas Lewat Anak Perusahaan
ILUSTRASI. Konan - PT Rukun Raharja, Tbk Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Anak usaha PT Rukun Raharja Tbk (kode saham RAJA), PT Energasindo Heksa Karya (EHK) melanjutkan portofolio bisnis perdagangan gas dengan memperluas jaringan pipa gas hingga Kabupaten Perawang, Provinsi Riau.

Perluasan ini dilakukan secara resmi yang bersamaan dengan pengaliran gas perdana pada jaringan pipa gas pada hari Rabu, 20 Desember 2023. Peresmian itu turut dihadiri Direksi RAJA, EHK serta Direksi PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) sebagai pelanggan EHK yang akan membeli gas melalui pipa tersebut.

Direktur Utama RAJA Djauhar Maulidi menyampaikan, jaringan pipa gas sepanjang 11,7 km itu menunjukkan keseriusan Perseroan dalam memperluas pembangunan infrastruktur sektor energi.

“Proses konstruksi pipa memakan waktu sekitar 8 bulan, sesuai dengan rencana awal pembangunannya. Sehingga pipa gas ini sudah dapat memberikan kontribusi pendapatan kepada Perseroan mulai dari Januari 2024, sesuai dengan yang telah kami sampaikan sebelumnya kepada publik. Penyerapan gas melalui pipa ini diperkirakan akan berkontribusi sebesar 35% kepada sektor perdagangan gas EHK,” jelas Djauhar, pada Rabu (20/12).

Penjualan gas melalui pipa gas itu juga diproyeksikan mampu menambah pendapatan EHK sebesar USD45 juta per tahun selama sepuluh tahun periode dari nilai kontrak jual beli gas, sehingga proyek itu mampu meningkatkan finansial Perseroan. Djauhar mengungkapkan, kini pipa gas tersebut telah digunakan oleh IKPP untuk kegiatan operasional.

“Proyek ini adalah merupakan upaya kolaboratif kami dengan IKPP,” ungkap Djauhar.

Ke depannya, Djauhar memaparkan Perseroan membuka peluang kerja sama  strategis lain guna memperluas basis pelanggan yang sesuai dengan permintaan pasar. Terlebih, industri perdagangan gas masih berpotensi yang besar untuk dikembangkan.

Untuk memperluas pasar, Perseroan juga sedang melakukan pengembangan di wilayah-wilayah lainnya di Indonesia. “Kami berharap tidak hanya di wilayah ini saja, tapi juga akan ada pengembangan infrastruktur di wilayah lainnya,” pungkas Djauhar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×