kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.548.000   14.000   0,91%
  • USD/IDR 15.930   -10,00   -0,06%
  • IDX 7.394   -70,51   -0,94%
  • KOMPAS100 1.120   -15,28   -1,35%
  • LQ45 875   -15,67   -1,76%
  • ISSI 227   -1,00   -0,44%
  • IDX30 448   -9,05   -1,98%
  • IDXHIDIV20 538   -11,08   -2,02%
  • IDX80 128   -1,84   -1,42%
  • IDXV30 132   -1,42   -1,07%
  • IDXQ30 148   -2,90   -1,92%

KNKT: Penyelesaian ODOL Harus Dibahas Secara Komprehensif


Selasa, 12 November 2024 / 07:39 WIB
KNKT: Penyelesaian ODOL Harus Dibahas Secara Komprehensif
ILUSTRASI. KNKT mengatakan, masalah truk Over Dimension Overload (ODOL) harus diselesaikan secara komprehensif.


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengatakan, masalah truk Over Dimension Overload (ODOL) harus diselesaikan secara komprehensif. Tidak cukup hanya melihat dari sisi keselamatannya saja tapi juga dari sisi sosial dan ekonomi. 

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, jika itu tidak dilakukan, masalah truk ODOL tidak bisa akan pernah tuntas.

“Penyelesaian ODOL itu bukan tanggung jawab satu kementerian saja, tapi juga kementerian lainnya," ujar Soerjanto dalam keterangan pers, Selasa (12/11).

Baca Juga: Tekan Pelanggaran ODOL, Kemenhub Gelar Pengawasan Serentak Angkutan Barang

Soerjanto mengingatkan, penyelesaian ODOL bukan hanya program menteri perhubungan sendiri saja, tetapi harus melibatkan kementerian lain. 

Misalnya menteri perindustrian yang harus menyiapkan bagaimana agar saat Zero ODOL diterapkan, produk-produk industri harganya bisa tetap murah. 

Kemudian menteri perdagangan juga harus mempersiapkan bagaimana agar saat Zero ODOL diterapkan, tidak mempengaruhi daya saing.

Kemenko perekonomian juga perlu dilibatkan untuk memikirkan cara bagaimana mengatasi dampak inflasi nantinya jika Zero ODOL diterapkan. Karena, menurut Soerjanto, penerapan Zero ODOL akan berdampak terhadap inflasi. 

Begitu juga Menteri PUPR dan Kepolisian terkait apa antisipasinya selama program penertiban ODOL.

“Jadi, menteri-menteri terkait itu harus menyiapkan program untuk mengatasi dampak dari Zero ODOL itu nantinya,” ucapnya.

Baca Juga: Asosiasi Produsen Pupuk Minta Toleransi Kelebihan Muat Terkait ODOL

Dia menyebut, keterlibatan presiden penting dalam penyelesaian ODOL karena melibatkan banyak kementerian dan lembaga. 

Presiden juga harus membentuk sebuah tim untuk menyusun blueprint atau cetak biru yang akan dijadikan pedoman untuk penyelesaian ODOL. Lalu, presiden harus menunjuk satu kementerian sebagai koordinator pelaksana blueprint tersebut.

Penyelesaian masalah ODOL juga harus dilakukan secara bertahap selama beberapa tahun.

"Ini kan sudah terbukti dengan tidak jadinya Zero ODOL diterapkan yang seharusnya pada awal 2023 lalu karena adanya penolakan dari sejumlah menteri yang tidak setuju Zero ODOL ini diterapkan,” kata Soerjanto.

Soerjanto juga mengusulkan agar penyelesaian masalah ODOL diawali dari brand-brand pemerintah dan proyek-proyek BUMN sebagai percontohan bagi industri swasta. 

“Jadi, seperti pembangunan tol, itu jangan pakai ODOL. Selain truknya tidak ODOL, proyek-proyek pemerintah sama BUMN itu KIR-nya juga harus hidup, surat-suratnya hidup, jadi bisa dijamin kelayakannya,” ujarnya.

Jika semua langkah-langkah itu dilakukan, Soerjanto meyakini masalah ODOL bisa diselesaikan dalam waktu 4 tahun sampai 5 tahun. 

“Tapi harus secara masif dan bertahap ya dilaksanakan,” pungkas Soerjanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×