kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mark Dynamics Indonesia (MARK) Telah Serap Semua Anggaran Capex 2023


Selasa, 10 Oktober 2023 / 19:01 WIB
Mark Dynamics Indonesia (MARK) Telah Serap Semua Anggaran Capex 2023
ILUSTRASI. Hand Former ?- Sarung tangan karet PT Mark Dynamics Indonesia


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mark Dynamics Indonesia Tbk (MARK) telah menyerap semua anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) mereka di tahun 2023 senilai Rp 20 miliar.

“Tahun ini kami menganggarkan capex sebesar Rp 20 miliar untuk biaya maintenance alat produksi. Dimana dananya sudah terserap semua,” ungkap Presiden Direktur Mark Dynamics Indonesia Ridwan Goh, saat dihubungi Kontan, Selasa (10/10).

Kemudian, saat ditanya mengenai target perseroan hingga akhir tahun ini, Ridwan mengakui bahwa di tahun 2023 target dipengaruhi dari terjadinya penurunan permintaan dari pelanggan jika dibandingkan dengan tahun 2022. 

Hal ini ungkapnya disebabkan oleh menurunnya produksi sarung tangan global akibat tingginya oversupply akibat produksi ketika masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Intip Update Pengembangan Proyek Nusantara Infrastructure (META)

“Meskipun permintaan menurun, Perseroan masih mendapatkan re-order untuk penggantian cetakan sarung tangan dan menargetkan penjualan hingga akhir tahun 2023 ini akan lebih tinggi dari penjualan sebelum masa pre-covid 2019 dengan margin laba bersih yang dipertahankan di atas 20%,” jelasnya.

Terkait penjualan, jika merujuk pada laporan keuangan MARK pada semester I kemarin, penjualan produk sarung tangan secara lokal dan ekspor memang penurunan penjualan.

Pada penjualan lokal per-semester 1-2023 tercatat turun 44,6% menjadi Rp 63,4 miliar dari sebelumnya Rp 114,43 miliar. Sedangkan, penjualan luar negeri juga turun 61,22% menjadi Rp 199,2 miliar dari sebelumnya Rp 513,69 miliar.

Terkait penurunan ini, Ridwan mengatakan di tahun 2022 permintaan global akan sarung tangan masih tinggi sampai dengan semester 1-2022. Namun memasuki semester 2-2022 perseroan mengalami perlambatan seiring dengan situasi pandemi yang berakhir. 

“Volume penjualan YoY dibandingkan periode tahun lalu secara keseluruhan turun sebesar 59,5 % atau dari 8,6 juta cetakan sarung tangan menjadi 3,5 juta cetakan sarung tangan di semester-1 2023,” ungkapnya.

Baca Juga: Fokus Pada Bisnis Inti, Begini Strategi Investasi Blibli (BELI)

Akan tetapi menurut dia, hasil penjualan semester-1 2023 kemarin sudah menunjukkan pemulihan. Ini berdasarkan hasil research Asosiasi Sarung Tangan Malaysia, tetap menunjukkan pertumbuhan permintaan sarung tangan. 

“Memasuki masa normalisasi diprediksi akan tumbuh 5-8% per tahun dengan kebutuhan 300 miliar pcs sarung tangan di 2023,” jelasnya.   




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×