kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Michelin Indonesia manfaatkan jaringan distribusi MASA untuk perdalam pasar lokal


Selasa, 10 Maret 2020 / 19:38 WIB
Michelin Indonesia manfaatkan jaringan distribusi MASA untuk perdalam pasar lokal
ILUSTRASI. PT Michelin Indonesia manfaatkan jaringan distribusi PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) untuk memperdalam pasar lokal. . ANTARA FOTO/Umarul Faruq/kye/18


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Michelin Indonesia manfaatkan jaringan distribusi PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) untuk memperdalam pasar lokal. 

Head of Marketing Consumer Products PT Michelin Indonesia Roslina Komalasari menjelaskan Michelin hadir di Indonesia bertujuan agar lebih dekat dan menjawab kebutuhan ban di dalam negeri. 

Baca Juga: Michelin Indonesia optimistis bisa cetak laba Multistrada Arah Sarana (MASA) di 2020

"Ini melengkapi ambisi kami untuk meraih seluruh segmentasi pasar yang ada. Mulai dari premium brand hingga intermediet atau pasar menengah ke bawah. Tujuan kami adalah memberikan opsi yang lebih luas ke konsumen sesuai dengan kebutuhan," jelasnya saat ditemui Kontan.co.id di Jakarta, Selasa (10/3). 

Roslina tidak menampik, hadirnya Michelin ke Indonesia agak terlambat dibandingkan dengan perusahaan ban lainnya yang sudah menggarap pasar lokal sejak lama. Ditambah Michelin menawarkan produk premium yang diharapkan produknya bisa hadir di mana saja. 

Commercial Director B2C Michelin Indonesia, Faiez Pisal menambahkan saat Michelin bergabung dengan MASA, Multistrada sudah memiliki jaringan distributornya sendiri begitu juga dengan Michelin. 

"Kami bersama dengan (jaringan distributor) Achilles butuh buat ekosistem yang bisa men-develop untuk lokal karena bidikan pasarnya berbeda. Achilles menyasar menengah ke bawah karena menjual merek lokal sedangkan Michelin segmen menengah ke atas," ujarnya. 

Baca Juga: Multistrada Arah Sarana (MASA) dapat pinjaman senilai lebih dari 50% dari Michelin

Michelin tidak menampik mereka juga belajar dari kesuksesan Achilles dan Corsa menggarap pasar dalam negeri.  Faiez menjelaskan sejauh ini Michelin masih melihat dulu di mana market yang potensial. "Bagaimana cara Michelin masuk lebih dalam dan mengakses jaringan yang ada," jelasnya. 

Faiez menjelaskan saat ini Michelin Indonesia sudah menjual ban ke seluruh pulau di Indonesia dengan catatan hanya di kota-kota besar saja. Sebab fokus Michelin pasti ke wilayah dengan populasi dan ekonomi yang masuk akal untuk produk menengah ke atas. 

Faiez mencontohkan seperti Bali dan Sumatera yang marketnya besar. Katanya Michelin juga akan terus menambah jumlah toko untuk memperdalam pasar lokal. Selain itu, Michelin Indonesia juga akan meningkatkan brand awareness dengan mengikuti perhelatan otomotif bergengsi seperti MotoGp dan Formula E. Michelin juga menjadi pemasok ban resmi di kedua balapan itu hingga sekarang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×