Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) kembali berlanjut. Perkembangan terbaru adalah penuntasan konstruksi portal beam yang melintang di atas ramp jalan tol Cikarang.
Selain itu, proyek KCJB juga melakukan proses instalasi box girder di Kawasan Casting Yard #1 yang merupakan lokasi produksi girder box terbesar di Indonesia dengan luas mencapai 165.500 meter persegi.
Direktur Utama KCIC Chandra Dwiputra mengatakan, proses instalasi ini merupakan langkah penting dalam proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung agar seluruh trase dapat segera tersambung.
Baca Juga: Jasa Marga tutup sebagian lajur Tol Jakarta-Cikampek, ada apa?
“Pier kereta cepat telah banyak berdiri kokoh dan siap untuk di rangkai. Proses instalasi ini menjadi fokus penting yang harus dilakukan dengan sebaik mungkin untuk memastikan seluruh trase segera tersambung. Proses pemasangan girder ini juga sangat efisien karena prosesnya dilakukan dengan alat launcher khusus tidak mengganggu lalulintas di bawahnya, ini merupakan sesuatu yang baru dilakukan di Indonesia," ujar Chandra dalam acara peletakan girder Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung di KM29, Cikarang Barat, Rabu (2/9).
Dari sekitar 2.900 batang pier struktur elevated kereta cepat yang terbentang di sepanjang trase Jakarta - Bandung, hampir setengah diantaranya telah tuntas dikonstruksikan.
Selain di Cikarang, proses instalasi girder ini juga dilakukan pada dua Casting Yard kereta cepat lainnya secara simultan, yakni di daerah Purwakarta dan Kabupaten Bandung.
Adapun Box girder Kereta Cepat telah siap di lokasi Casting Yard untuk segera dilakukan instalasi. Dari tempat produksinya, box girder Kereta Cepat Jakarta – Bandung akan diantar oleh transporter untuk diinstalasi dengan menggunakan mesin launcher kereta cepat yang diklaim merupakan mesin launcher yang terbesar dan pertama di Indonesia.
Mesin launcher ini akan menginstalasi box girder yang akan memuat dua lintasan kereta cepat di atasnya. Dengan menggunakan mesin canggih tersebut, proses instalasi box girder akan berjalan dengan lebih efektif dan tidak akan mengganggu aktivitas lalu lintas yang ada di bawahnya.
“Tak hanya di Cikarang, instalasi girder telah dilakukan di Casting Yard #2 yang berlokasi di area Karawang pada Selasa (1/9) dan Kamis (3/9) di Casting Yard #4 Kota Bandung. Dengan produktivitas alat launcher dalam memasang girder sangat tinggi, dimana sehari satu alat launcher bisa memasang 1 - 3 box girder, seluruh pier dapat terangkai dengan segera," jelas Chandra.
Baca Juga: Xi Jinping telepon Jokowi, ada apa?
KCIC selaku pemilik proyek kerap menekankan pada para kontraktor pelaksana proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung untuk melaksanakan proses instalasi dengan tetap memperhatikan aspek K3 di sekitar lokasi proyek.
“Selain kualitas pekerjaan, rekan - rekan kontraktor perlu memperhatikan secara seksama aspek keselamatan dan keamanan dalam pelaksanaannya untuk menghindari risiko yang terjadi di dalam proyek dan meminimalisir dampak pembangunan terhadap sekitar,” lanjut Chandra.
Pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung senantiasa mengedepankan faktor Safety, Security, Health and Environtment (SSHE) dan kualitas dalam pelaksanaan konstruksi untuk mewujudkan Kereta Cepat Jakarta – Bandung dengan kualitas terbaik sebagai kontribusi pembangunan infrastruktur transportasi Tanah Air.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News