kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah akhirnya teken kontrak Blok Pekawai dan West Yamdena


Senin, 14 Mei 2018 / 16:08 WIB
Pemerintah akhirnya teken kontrak Blok Pekawai dan West Yamdena
ILUSTRASI. PASOKAN PERDANA LNG BLOK MAHAKAM ke FSRU Nusantara Regas


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akhirnya meneken kontrak dua wilayah kerja (WK)/blok migas hasil lelang WK migas tahun 2017. Kedua blok tersebut adalah Blok Pekawai dan Blok West Yamdena.

Penandatanganan kontrak dua blok migas tersebut dilakukan di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Senin (14/5). 

Kontrak bagi hasil gross split untuk wilayah kerja Pekawai dan West Yamdena yang ditandatangani antara Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama yaitu Saka Energi Indonesia disaksikan oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto.

Djoko mengatakan penandatanganan dilakukan setelah Saka membayar bonus tanda tangan dan performance bond yang diambil dari 10% dari dana komitmen pasti. Dengan pembayaran tersebut, Djoko yakin Saka Energi bisa memenuhi kewajiban untuk melakukan komitmen pasti dalam tiga tahun ke depan.

"Saka sudah memenuhi kewajiban (bonus tanda tangan dan performance bond). Kami yakin bahwa Saka bisa menjalankan komitmen tiga tahun pertama," jelas Djoko dalam konferensi pers Senin (14/5).

Djoko berharap kedua blok tersebut berhasil menemukan cadangan migas baru yang cukup besar. "Komitmen investasi khusus untuk kontrak gross split, berharap ini dapat berhasil temukan cadangan yang besar, kan ada pengeboran eksplorasi. Kalau ini dapat, kita semua senang," imbuh Djoko.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi bilang SKK Migas yakin Saka akan menjalankan komitmen pasti karena memiliki kinerja dan kekuatan finansial. SKK Migas juga mengajak Saka Energi untuk bekerjasama agar proses eksplorasi di dua blok migas tersebut bisa lebih cepat dan lebih efisien sehingga bisa menemukan cadangan migas baru.

"Semoga WK ekplorasi ini nanti discovery, syukur-syukur giant discovery," kata Amien.

Wilayah Kerja Pekawai dan Wilayah Kerja West Yamdena merupakan wilayah yang dilelang oleh pemerintah melalui lelang penawaran angsung pada 2017 periode Mei-Desember 2017 dan telah diumumkan pemenangnya pada 31 Januari 2018. Sebelumnya, dua kontrak lainnya hasil lelang yang sama yaitu Wilayah Kerja Andaman I dan Andaman II telah ditandatangani pada 5 April 2018.

Wilayah Kerja Pekawai berlokasi di daratan dan lepas pantai Kalimantan Timur, dengan kontraktor PT Saka Energi Sepinggan. Sedangkan Wilayah Kerja West Yamdena berlokasi di wilayah Kepulauan Tanimbar daratan dan lepas pantai Maluku yang akan dioperasikan oleh PT Saka Energi Yamdena Barat.

Dari kedua kontrak tersebut, pemerintah menerima komitmen pasti dan bonus tanda tangan sebesar US$ 13,5 juta atau sekitar Rp 190 miliar, rinciannya total investasi komitmen pasti eksplorasi dari penandatanganan Kontrak Bagi Hasil Gross Split Wilayah Kerja Pekawai dan West Yamdena adalah senilai US$ 12,5 juta dan bonus tandatangan sebesar US$ 1 juta.

Berikut rinciannya :

1. WK Pekawai
Kontraktor: PT Saka Energi Sepinggan
Komitmen pasti tiga tahun: G & G dan 1 sumur eksplorasi, dengan total investasi senilai US$ 10,45 juta
Bonus tandatangan : US$ 500.000

2. WK West Yamdena
Kontraktor: PT Saka Energi Yamdena Barat
Komitmen pasti tiga tahun pertama: G & G dan Akuisisi Data Seismik 2D 1,000 km, dengan total investasi senilai USD 2,1 juta
Bonus tandatangan : US$ 500.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×