kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,58   -6,78   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perayaan Idul Fitri 2021, trafik data Telkomsel melonjak 39% dibanding tahun lalu


Sabtu, 15 Mei 2021 / 21:19 WIB
Perayaan Idul Fitri 2021, trafik data Telkomsel melonjak 39% dibanding tahun lalu


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti tahun sebelumnya Ramadan dan Idul Fitri 1442 H berlangusng di tengah pandemi. Maka, teknologi menjadi andalan menjalin silaturahmi. 

Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data Ramadan dan Idul Fitri  hingga 39,7 petabyte (PB). Tumbuh 49% dibandingkan momentum yang sama tahun lalu.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, Idul Fitri sebagai momentum  masyarakat terus menjalin silaturahmi. “Mereka  tetap terhubung walau dilakukan secara digital dan virtual melalui dukungan jaringan broadband yang andal dan berteknologi terdepan dari Telkomsel,” kata Nugroho, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (15/5). 

Berdasarkan pantauan Telkomsel, trafik layanan data periode Lebaran 2021 melonjak sekitar 39% dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya. Pendorongnya adalah  semakin tingginya adopsi pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital sebagai sarana silaturahmi.

Yang mengejutkan, layanan legacy juga meningkat. Pemakaian SMS di Ramadan dan Idulfitri 2021 melesat 33% dibandingkan periode tahun sebelumnya. Sedangkan layanan panggilan suara, meningkat 4% dibandingkan hari biasa.

Telkomsel juga mencatat sejumlah platform digital dan virtual yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data. Layanan VoLTE naik sebesar 12%, layanan marketplace video on demand MAXStream Telkomsel meroket 410%, dan layanan video conference on demand CloudX Telkomsel sekitar 68% dibandingkan hari biasa.

Sejumlah platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar daring, seperti layanan video communication dan video streaming yang secara total mampu berkontribusi dalam penggunaan data lebih dari 53%.  Masing-masing tumbuh sekitar 14% dan 22%, dibandingkan dengan hari biasa.

Penggunaan layanan mobile gaming, browsing dan  media sosial oleh pelanggan masing-masing tumbuh sekitar 81%, 36% dan 7% selama Ramadan dan Idul Fitri 2021, dibandingkan dengan hari biasa. Selain itu Telkomsel juga mencatat enam aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Tiktok dan Mobile Legends.

Sepanjang  Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, secara berurut untuk lima wilayah operasional Telkomsel yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan momentum tahun sebelumnya.  Didominasi oleh Sumatra naik 13%, Jawa Timur (12%) dan Jawa Tengah (11%) dibandingkan  hari biasa.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×