kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.405   0,00   0,00%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Perikanan Indonesia Distribusikan BBM Subsidi kepada Para Nelayan


Sabtu, 07 September 2024 / 09:41 WIB
Perikanan Indonesia Distribusikan BBM Subsidi kepada Para Nelayan
ILUSTRASI. Perindo berkomitmen terus menjaga dan mengupayakan inklusivitas nelayan melalui ketersediaan BBM subsidi


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perikanan Indonesia (Perindo), anggota Holding BUMN Pangan ID FOOD, berkomitmen terus menjaga dan mengupayakan inklusivitas nelayan melalui ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) subsidi untuk operasional melaut para nelayan di Indonesia.

Perikanan Indonesia mendistribusikan bahar bakar minyak yang terjangkau melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBUN) yang terdapat di tiga wilayah kerja perusahaan, yakni di Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan Jawa Tengah, Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Jawa Timur, dan Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi Jawa Timur.

Direktur Utama Perikanan Indonesia Sigit Muhartono mengatakan, pihaknya akan terus mendukung program pemerintah dalam menyediakan BBM subsidi kepada para nelayan di Indonesia. Pasalnya, penyediaan BBM yang memadai baik dari segi volume dan harga sangat dibutuhkan nelayan untuk kebutuhan operasional melaut.

“SPBUN Perikanan Indonesia di cabang Pekalongan, cabang Brondong dan unit Prigi hadir untuk memfasilitasi nelayan agar dapat dengan mudah mendapatkan BBM dengan harga murah, sehingga produktivitas dan pendapatan nelayan dapat meningkat,” katanya dalam siaran pers yang diterima Kontan, Jumat (6/9).

Baca Juga: ID Food Bakal Bikin Mega Farm Untuk Dukung Program Susu Gratis

Perikanan Indonesia mendapatkan kuota BBM subsidi dari PT Pertamina Patra Niaga, atas rekomendasi Dinas Perikanan setempat, sebesar 1.128 kiloliter per bulan yang harus didistribusikan tepat sasaran kepada nelayan dengan tonase kapal di bawah 30 GT.

Rinciannya, Sigit menambahkan, Perikanan Indonesia menyuplai 736 kiloliter BBM setiap bulannya kepada para nelayan di Brondong melalui SPBUN 02 Brondong Lamongan dan sebanyak 248 kiloliter per bulan kepada para nelayan di Prigi melalui SPBUN Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi Trenggalek.

Adapun kuota BBM di Perikanan Indonesia Cabang Brondong merupakan kota terbesar untuk BBM subsidi nelayan se-Jawa Timur.

Selain itu, Perikanan Indonesia juga memasok 144 kiloliter BBM kepada nelayan di Pekalongan melalui SPBB Krapyak, Pekalongan.

Sigit menyebut, dengan banyaknya kuota BBM dari pemerintah yang tersalurkan, artinya banyak nelayan yang menyerap BBM tersebut untuk operasional mencari ikan. Hal ini dinilai memiliki multiplier effect atau efek berganda yang besar terhadap keberlangsungan sumber pangan ikan di Indonesia.

“Kami menjaga ketersediaannya agar nelayan tidak kekurangan BBM sehingga penangkapan ikan terjaga, sumber dayanya terkendali, dan kebutuhan ikan di masyarakat terpenuhi,” ungkapnya.

Selanjutnya, Perikanan Indonesia akan meminta rekomendasi kepada PT Pertamina Patra Niaga dan Dinas Perikanan setempat untuk menambah kuota BBM subsidi bagi nelayan guna menghindari kelangkaan bahan bakar kapal dan menjaga ekosistem perikanan.

Baca Juga: Bergantung Bahan Baku Impor, GAPMMI Menanti Investasi di Sektor Mamin

Seperti diketahui, ikan merupakan salah satu Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) yang diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 125 Tahun 2022. Tujuan CPP ini adalah untuk menanggulangi kekurangan pangan, gejolak harga pangan, bencana alam, bencana sosial, dan keadaan darurat.

Dalam rangka ketersediaan pangan di seluruh wilayah Indonesia, maka perlu dilakukan pemenuhan dan pengelolaan CPP yang pelaksanaannya dilakukan melalui Badan Pangan Nasional dengan menugaskan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai operator.

Penguasaan dan pengelolaan cadangan pangan pemerintah ini akan diberikan kepada BUMN, dalam hal ini Perum Bulog dan BUMN Pangan, termasuk Perikanan Indonesia melalui Holding Pangan ID FOOD. Penugasan tersebut untuk melakukan pengadaan, pengelolaan, dan penyaluran komoditas pangan strategis.

Selanjutnya: Cermati Saham yang Paling Banyak Diburu Investor Asing di Akhir Pekan Ini

Menarik Dibaca: Promo Shihlin Diskon 50% via Bank Saqu sampai 30 September 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×