kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina International Shipping (PIS) akuisisi Peteka Karya Tirta (PKT)


Kamis, 07 Oktober 2021 / 22:11 WIB
Pertamina International Shipping (PIS) akuisisi Peteka Karya Tirta (PKT)
ILUSTRASI. Pertamina International Shipping (PIS)


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina International Shipping (PIS) melakukan pengambilalihan seluruh saham milik PT Pertamina (Persero) pada PT Peteka Karya Tirta (PKT). Kegiatan penandatanganan Akta Pengambilalihan ini sudah dilakukan pada Kamis (30/9) lalu.

Direktur Utama Pertamina International Shipping, Erry Widiastono mengatakan, Persetujuan pengambilalihan saham Peteka Karya Tirta oleh PIS merupakan suatu langkah positif dan dukungan terhadap adanya restrukturisasi dan transformasi PIS menjadi subholding integrated marine & logistics.

“Hal ini membuat PIS memiliki keleluasaan untuk mengelola aset oleh Pertamina,” ujar Erry dalam keterangan tertulis yang dirilis Kamis (7/10).

Dengan adanya pengambilalihan saham ini,  PIS menjadi pemegang saham mayoritas atau memiliki pengendalian langsung pada PT Peteka Karya Tirta. Erry bilang, PIS telah memiliki perencanaan untuk pengelolaan dan pengembangan bisnis yang terintegrasi melalui optimalisasi pengelolaan bisnis di multi sektor, baik Transportasi, Logistik, dan Storage. Hal ini membuat

“(Optimalisasi pengelolaan bisnis multisektor) membuat PIS terus berkembang dengan meningkatkan kehandalan sarana dan fasilitas serta aspek manajerial untuk dapat melayani Subholding (SH) lainnya dari Hulu sampai ke Hilir juga pasar non Pertamina termasuk pasar regional,” ujar Erry.

Baca Juga: Pertamina International Shipping siap kawal 6 proyek strategis

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati mengatakan, pengambilalihan saham PKT oleh PIS merupakan salah satu upaya Pertamina dalam meningkatkan value perusahaan, dalam hal ini PIS yang sudah bertransformasi menjadi subholding integrated marine & logistics.

“Saya berharap PIS dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan melalui pengoptimalisasian kinerja, baik dari segi kinerja operasional kapal maupun pengelolaan 6 terminal strategis” ungkapnya.

Menurut Erry, PIS telah melakukan beberapa upaya strategis seperti perubahan mindset, perubahan prosedur dan cara kerja, optimalisasi support system serta continuous improvement dalam memberikan nilai tambah Kapal Milik perusahaan dalam rangka memacu kinerja operasional kapal. Hal ini ditempuh dengan menerapkan Best Practice dalam Ship Management dan mekanisme Benchmarking dengan external Ship Management

Erry menegaskan, ke depannya Manajemen PIS akan secara rutin melakukan kunjungan kerja ke 6 terminal strategis untuk memastikan proyek strategis berjalan sesuai rencana.

Selanjutnya: Pertamina Internasional Shipping rencanakan peningkatan portofolio unit kapal LNG

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×