kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,31   5,71   0.57%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN kenalkan SPKLU ultra-fast charging, isi baterai mobil listrik hanya 20 menit


Selasa, 29 Oktober 2019 / 22:29 WIB
PLN kenalkan SPKLU ultra-fast charging, isi baterai mobil listrik hanya 20 menit
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA.  PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya memperkenalkan SPKLU dengan teknologi ultra-fast charging pertama di Indonesia dan masih menjadi satu-satunya di Indonesia.

SPKLU PLN ultra-fast charging berkapasitas 150 kiloWatt ini mampu mengisi energi mobil listrik dari kosong hingga penuh dalam waktu sekitar 20 menit dan baru tersedia di halaman kantor PLN UID Jakarta Raya.

Baca Juga: Siapa yang punya mobil listrik? Ini tarif charge di SPKLU milik PLN

Selain SPKLU PLN ultra-fast charging, PLN UID Jakarta Raya juga menyediakan 2 unit SPKLU teknologi fast charging dengan masing-masing daya 50 kiloWatt dan 25 kiloWatt. SPKLU fast charging 50 kiloWatt ini mampu mengisi energi mobil listrik dari kosong hingga penuh dalam waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam.

Sedangkan SPKLU fast charging 25 kiloWatt mampu mengisi energi mobil listrik dari kosong hingga penuh dalam waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam.

Di Jakarta dan sekitarnya sendiri, SPKLU PLN untuk mobil listrik sudah terpasang 6 unit. Tiga unit terpasang di halaman kantor PLN UID Jakarta Raya, 1 unit terpasang di halaman kantor PLN UP3 Bulungan, 1 unit terpasang di Senayan City Mall, dan 1 unit terpasang di AEON Mall Bumi Serpong Damai. Menyusul akan terpasang di Pondok Indah Mall.

“Polusi udara Jakarta sebagian besar disebabkan oleh asap kendaraan. Inilah komitmen kami untuk mendukung perubahan gaya hidup masyarakat sekaligus untuk mewujudkan udara Jakarta yang bebas polusi, yang langitnya biru tanpa dihalangi asap kendaraan. Kita tentu ingin agar anak cucu kita kelak menghirup udara yang bersih. Oleh karena itu, inilah bentuk dukungan PLN dalam menyiapkan infrastruktur kelistrikannya dalam mendukung era kendaraan listrik,” jelas M. Ikhsan Asaad, General Manager PLN UID Jakarta Raya, dalam siaran pers hari ini.

Baca Juga: Serius Pakai Mobil Listrik, Blue Bird Bakal Terus Menambah Jumlah Armada premium

Sebelumnya PLN juga telah menggandeng kerjasama dengan 20 mitra strategis dalam kerjasama percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) beberapa waktu yang lalu.

Kerjasama tersebut adalah untuk mengimplementasikan PERPRES Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle).

Dalam tahun ini, PLN berencana membangun 10 SPKLU di seluruh Indonesia. Secara berangsur sampai tahun depan, diharapkan jumlahnya terus bertambah, guna menunjang hadirnya perangkat kendaraan listrik mulai dari mobil listrik berbasis baterei, skuter (motor listrik), dan berbagai kendaraan listrik lainnya.

Baca Juga: Dorong kendaraan listrik, PLN resmikan SPKLU di empat kota

Selain memperkenalkan SPKLU PLN, PLN UID Jakarta Raya juga melaksanakan penandatanganan kerja sama dengan Senayan City Mall dalam hal penempatan charging station di pusat perbelanjaan tersebut.

PLN juga memberikan apresiasi kepada kawasan yang sudah bersedia menggunakan listrik PLN untuk kebutuhan event, tidak lagi menggunakan genset. Kawasan tersebut yaitu Kota Tua, Gelora Bung Karno, dan Jakarta International Expo Kemayoran.

Selain itu, PLN UID Jakarta Raya juga meresmikan coffee shop PLN pertama, yaitu Stroom Coffee. Stroom Coffee merupakan salah satu layanan one stop service yang dipadukan dengan charging Station kendaraan listrik.

Baca Juga: PLN tak lagi ngotot harga batubara US$ 70 per ton diperpanjang, ini alasannya

Di depan Stroom Coffee ini terdapat charging station, baik untuk mobil maupun untuk motor listrik, sehingga pemilik kendaraan listrik bisa menge-charge kendaraannya sembari menikmati waktu di Stroom Coffee.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×