kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45790,50   -3,71   -0.47%
  • EMAS996.000 0,40%
  • RD.SAHAM 0.22%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.23%

PLN: Layanan kirim foto meteran listrik dibuka lagi hingga 27 September 2020


Sabtu, 26 September 2020 / 07:36 WIB
PLN: Layanan kirim foto meteran listrik dibuka lagi hingga 27 September 2020

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PT PLN (Persero) memastikan petugas pencatat meter masih melakukan pencatatan meter secara langsung ke rumah pelanggan pasca-bayar. Hal tersebut dilakukan untuk mengecek pemakaian listrik. 

Kendati demikian, PLN kembali membuka layanan pelaporan angka stand meter kWh atau meteran listrik secara mandiri untuk penghitungan tagihan listrik bulan Oktober 2020. Pencatatan secara mandiri dilakukan apabila petugas pencatat meter tidak bisa mendatangi langsung rumah pelanggan.

Layanan tersebut yang sudah dibuka sejak Kamis (24/9/2020), akan berakhir pada Minggu (27/9/2020). Layanan ini dapat digunakan pelanggan hanya dengan mengirim foto angka stand meter kWh ke nomor Whatsapp atau WA PLN. Laporan dari pelanggan yang dikirimkan lewat WA tersebut nantinya akan menjadi dasar perhitungan tagihan listrik pelanggan setiap bulannya. 

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN Agung Murdifi memastikan, pihaknya masih melakukan pembacaan meter dengan tetap memperhatikan pedoman pencegahan Covid-19. PLN juga tetap menyediakan layanan pelaporan mandiri. Agung menyebut, pelaporan mandiri pelanggan yang valid akan dijadikan prioritas utama dasar perhitungan rekening listrik.

Baca Juga: PLN kembali bersinergi dengan KPK untuk amankan aset di Maluku

"Jadi kalau pelanggan mengirimkan angka stand kwh meter dan kami nyatakan valid, kami akan menggunakan laporan tersebut sebagai dasar perhitungan rekening. Meskipun petugas catat meter mengunjungi rumah pelanggan," kata Agung. 

Pilihan terakhir, sambungnya, jika lokasi rumah pelanggan tidak bisa didatangi oleh petugas dan pelanggan tidak mengirimkan laporan mandiri melalui WhatsApp maka PLN akan menggunakan rata-rata 3 bulan sebagai dasar perhitungan rekening listrik. 

Baca Juga: PLN prediksi penjualan listrik tahun ini bisa negatif di kisaran 0,5%

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×