kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,58   -16,27   -1.69%
  • EMAS984.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Proyek Grade Alumina Refinery (SGAR) di Kalbar, MIND ID Tetap Upayakan Berjalan


Selasa, 20 September 2022 / 20:28 WIB
Proyek Grade Alumina Refinery (SGAR) di Kalbar, MIND ID Tetap Upayakan Berjalan
ILUSTRASI. Suasana lokasi yang dicanangkan untuk pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Desa Bukit Batu, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Holding BUMN Tambang MIND ID tetap upayakan proyek pembangunan pabrik Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Kalimantan Barat dapat berjalan.

Direktur Operasi dan Produksi MIND ID Danny Praditya mengatakan, sebagai induk holding tambang, komitmen hilirisasi Perusahaan tetap menjadi prioritas terlepas tantangan yang ada.

“Sebagai holding kita tetap mau ini berjalan. MIND ID akan terus mendorong PT BAI melalui PT Inalum dan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dapat selesaikan apa yang sudah di inisiasi secara tuntas” ujar Danny pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VII pada (20/9).

Baca Juga: MIND ID Siap Caplok 11% Saham Vale Indonesia (INCO)

Pada paparan kronologi proyek di depan pimpinan sidang, Danny mengatakan pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Kementerian BUMN (KBUMN).

“Saat ini kondisi actual progress 14.56%. Pada 19 September, Kementerian BUMN telah memfasilitasi PT BAI bertemu dengan kontraktor EPC. Dari EPC usul perombakan porsi dan finished work-nya dapat divalidasi pihak ke-3. Batasnya Oktober” kata Danny.

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso dalam rapat mengatakan sudah dipersiapkan mitigasi terkait tindak lanjut proyek SGAR.

“Jika sampai batas waktu Oktober tidak ada titik temu, maka opsi terminasi menjadi pertimbangan dengan tetap memperhatikan prosedur dan ketentuan hukum yang berlaku” kata Hendi.

“Kita hormati proses-proses yang ada. Langkah persiapan jika terminasi menjadi pilihan adalah menginisiasi proses baru untuk melanjutkan proyek ini” tambahnya.

Baca Juga: Siapkan Dana US$ 2,1 Miliar, Vale Indonesia (INCO) Mulai Bangun Smelter Bahodopi

Menurut Hendi, pihaknya terus mengawasi PT BAI sebagai anak usaha dan terus melakukan supervisi. Dia juga mengatakan komitmen proyek SGAR tetap harus berjalan.

“Kami atas nama Grup MIND ID yang terdiri dari Antam, Inalum dan juga PT BAI berkomitmen akan melaksanakan proyek ini” ujar Hendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×