kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Rocky jadi mobil dengan transmisi CVT pertama Daihatsu di Indonesia


Rabu, 17 Maret 2021 / 06:48 WIB
Rocky jadi mobil dengan transmisi CVT pertama Daihatsu di Indonesia
ILUSTRASI. Daihatsu mengenalkan sistem perpindahan gigi Continuously Variable Transmission alias CVT, yang bakal digunakan Rocky.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Daihatsu mengenalkan sistem perpindahan gigi Continuously Variable Transmission alias CVT, yang bakal digunakan Rocky. 

Seperti diketahui, hingga saat untuk pasar Indonesia, Daihatsu tak memiliki produk yang dilengkapi transmisi CVT. Semua masih mengusung sistem matik konvensional alias 4 AT. 

Dengan demikian, Rocky bakal menjadi produk Daihatsu pertama yang dipasarkan di Tanah Air dengan CVT. Karena meski sebelumnya Copen sempat hadir, yang dipasarkan secara umum hanya transmisi manualnya saja. 

Pada keterangan resmi, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan bila transmisi CVT memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan transmisi otomatis konvesional, yakni soal mekanisme kerjanya.

Baca Juga: Lagi-lagi, Daihatsu Rocky tertangkap basah tengah uji coba di Lembang

Jika transmisi otomatis 4 AT sistem perpindahan gigi menggunakan planetary gear set, maka pada CVT menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggeraknya. 

Transmisi CVT memiliki kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan putaran mesin. Karena itu, CVT diklaim bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih halus saat perpindahan kecepatan. 

Kondisi itu pula yang membuat pengendara mobil bertransmisi CVT, rata-rata menganggap pergeseran transmisi cukup sangat halus sampai tak merasakan adanya perpindahan. 

Baca Juga: Begini kata pengamat otomotif soal insentif PPnBM yang diberikan pemerintah

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×