Reporter: Evilin Falanta | Editor: Rizki Caturini
JAKARTA. Perusahaan di sektor telekomunikasi masih menjadi pengiklan terbesar dibanding perusahaan di sektor lainnya. Menurut survei Nielsen mengenai belanja iklan di kuartal I 2011, belanja iklan perusahaan telekomunikasi mencapai Rp 1,2 triliun. PT XL Axiata menjadi pengiklan terbesar dengan menggelontorkan belanja iklan sebesar Rp 155 juta.
Lantas perusahaan susu menjadi pengiklan terbesar kedua dengan belanja iklan sebesar Rp 497 miliar dan perusahaan otomotif berada di posisi ketiga dengan berbelanja iklan sebesar Rp 389 miliar.
Sebenarnya, belanja iklan perusahaan telekomunikasi pada kuartal I 2011 menurun tipis yakni 7,69% dibanding periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp 1,3 triliun.
Secara keseluruhan, belanja iklan di media massa mengalami peningkatan sebesar 20% pada kuartal I 2011 menjadi Rp 15,6 triliun dibanding periode yang sama di 2010 yang sebesar Rp 13 triliun. "Rata-rata mereka beriklan di televisi, surat kabar dan majalah," ujar Tri Susanti Simangunsong, Senior Manager of Media Client Services Nielsen, Selasa (3/5).
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News