kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,25   -8,11   -0.87%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sulawesi Utara jadi daerah dengan pertumbuhan penjual tertinggi Tokopedia di 2019


Rabu, 08 Januari 2020 / 16:53 WIB
Sulawesi Utara jadi daerah dengan pertumbuhan penjual tertinggi Tokopedia di 2019
ILUSTRASI. Tokopedia bekerja sama dengan GoApotik untuk mempermudah masyarakat Indonesia mendapatkan perlengkapan kesehatan, seperti obat bebas dan obat resep secara lebih pasti, mudah dan aman.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai perusahaan teknologi Indonesia yang terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem, Tokopedia berlanjut mengakselerasi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak mengungkapkan, sejak berdiri, Tokopedia selalu berkomitmen mempermudah masyarakat memulai dan menciptakan peluang melalui pemanfaatan teknologi.

"Kini kami melihat antusiasme yang semakin luar biasa dari masyarakat dalam bertransaksi online. Hal ini tampak salah satunya dari signifikansi peningkatan jumlah penjual maupun pembeli di luar pulau Jawa sepanjang 2019," jelas Nuraini dalam siaran pers tertulis yang diterima Kontan.co.id pada Rabu (8/1).

Baca Juga: Modalku dan Tokopedia luncurkan fitur Tempo untuk memudahkan mitra berbelanja

Hasil riset Tokopedia terdapat lima daerah di Indonesia yang paling tumbuh dari segi penjual. Sulawesi Utara menduduki nomor satu yaitu 162,64% sebagai daerah yang mengalami pertumbuhan penjual di Tokopedia selama 2019.

Kemudian disusul oleh Maluku Utara 156,46%, Sulawesi Tenggara 154,31%, Nusa Tenggara Timur 144,63%, dan Kalimantan Utara 144,4%.

Di sisi lain, 5 daerah Indonesia dengan pertumbuhan pembeli paling tinggi, posisi puncak diduduki Aceh 19,52%, kemudian kedua Bali 12,06%, selanjutnya Kalimantan Timur 11,8%, Sulawesi Selatan 11,09% dan Sulawesi Utara 10,86%.

Tak hanya itu Nuraini juga mengungkapkan selama 2019 transaksi paling jauh di Tokopedia selama 2019 terjadi antara pembeli di Papua yang membeli produk cincin batu kecubung api dari penjual di Aceh.

Baca Juga: Tokopedia gandeng Warung Pintar gelar Festival Gerakan Warung Nasional

Sebaliknya, Tokopedia juga mencatatkan adanya transaksi produk sepatu olahraga merek lokal antara pembeli di Aceh dengan penjual di Papua.

Kini, sudah ada lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia yang tersebar di 97% kecamatan di Indonesia. Selain itu ada lebih dari 7 juta masyarakat Indonesia telah memulai dan mengembangkan bisnis lewat Tokopedia untuk memasarkan lebih dari 200 juta produk terdaftar dengan harga transparan.

Ke depannya, Nuraini menyebut Indonesia akan selalu menjadi fokus utama Tokopedia. Adapun demi mencapai misi pemerataan ekonomi secara digital, Tokopedia akan membantu para petani, nelayan, pemilik warung dan jutaan profesi lainnya di Indonesia dalam memulai dan menciptakan peluang dengan berevolusi menjadi 'perusahaan teknologi' lewat ekosistem Tokopedia.

“Harapannya, seluruh profesi di Indonesia bisa selalu relevan terhadap perubahan zaman sekaligus terus ikut berkontribusi terhadap perekonomian negara,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×