kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tahun baru 2020, XL Axiata (EXCL) catat kenaikan trafik data capai 77%


Senin, 06 Januari 2020 / 16:22 WIB
Tahun baru 2020, XL Axiata (EXCL) catat kenaikan trafik data capai 77%
ILUSTRASI. Operator memantau lalu lintas telekomunikasi dan data di pusat pemantauan kualitas jaringan layanan XL Axiata atau Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) di kantor pusat XL Axiata Jakarta, Selasa (10/12). XL Axiata (EXCL) catat kenaikan


Reporter: Amalia Fitri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) mencatat peningkatan penggunaan layanan trafik data pada malam Tahun Baru 2020 mencapai 14% dibandingkan trafik di hari normal.

Kenaikan trafik ini dinilai lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu (YoY) yang mencapai 38%. Layanan data berbasis games 25% menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya, diikuti oleh instant messaging sebesar 16% dan web browsing 12%.

Baca Juga: Layanan data Telkomsel naik 16% selama Natal dan tahun baru

Melihat pencapaian tersebut, Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan bakal meningkatkan kapasitas, penerapan teknologi terbaru, hingga perluasan jaringan data 4G ke area-area baru di seluruh Indonesia.

"Sesuai prediksi kami area-area di luar Jawa juga cukup berkontribusi dalam kenaikan trafik kali ini. Rata-rata kenaikan trafik di luar Jawa mencapai 15%," jelasnya kepada Kontan.co.id, Senin (6/1).

Lebih lanjut, kenaikan rata-rata trafik data khusus saat Natal 2019 adalah sebesar 9% dibandingkan hari biasa, dengan kenaikan trafik tertinggi sebesar 21%. Sedangkan saat malam Tahun Baru saja, kenaikan trafik rata-rata sebesar 14% dan dan tertinggi 77%.

Tiga area yang mengalami kenaikan trafik tertinggi antara 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 adalah Kab. Malang sebesar 26%, Kab. Cianjur 26%, dan Kab. Banyuwangi 25%. Saat Natal, 24-25 Desember 2018, trafik di wilayah dengan komunitas Nasrani seperti Medan dan sekitarnya mengalami peningkatan trafik sebesar 10%, Manado 18%, dan Kupang 21%.

Baca Juga: Communication Cable (CCSI) targetkan proyek kabel optik bawah laut rampung awal 2021

Sementara itu, trafik data di area Jabodetabek yang ditinggalkan banyak warganya selama periode liburan ini mengalami penurunan sekitar 5% dibanding hari normal.

"Selama periode libur Natal dan Tahun Baru ini, pelanggan XL Axiata juga aktif menggunakan layanan data selama berlibur di luar negeri, terlihat dari kenaikan trafik roaming sebesar 20% dibandingkan hari biasa," tambahnya.

Area-area lokasi wisata popular yang mengalami lonjakan trafik antara lain Pantai Carita sebesar 200%, GWK Bali 150%, dan Gili Trawangan Lombok sebesar 80%. Di Labuhan Bajo, trafik layanan data juga mengalami kenaikan sebesar 10%, Ciater Jawa Barat 235%, Pantai Indrayanti Yogyakarta 360 serta Jatim Park 2 Malang sebesar 115%.

Jenis layanan data yang paling banyak digunakan adalah Youtube yang mengalami lonjakan trafik hingga 80% dibandingkan hari biasa. Selanjutnya adalah WhatsApp sebesar 30%, Mobile Legend 26% dan Instagram 10%.

Layanan streaming video dan musik menjadi favorit karena tingkat kenyamanan penggunaannya juga semakin baik. Adapun trafik layanan instant messenger yang biasa digunakan untuk mengirimkan ucapan, naik hingga 16%.

Untuk memastikan jaringan benar-benar aman, XL Axiata telah menempatkan jaringan pada sekitar 1.500 BTS yang menaungi area yang kemungkinan mengalami peningkatan trafik selama libur Natal dan tahun baru.

Baca Juga: Samsung catatkan penjualan 6,7 juta smartphone 5G sepanjang tahun 2019

Site-site tersebut antara lain berada di jalur utama transportasi darat menuju kota-kota tujuan liburan, juga di sekitar lokasi-lokasi wisata. Ada pula penempatan sekitar 30 mobile BTS di berbagai lokasi yang tersebar di Sumatra, Jakarta, pusat Kota Bandung serta di jalur tol trans Jawa.

Persiapan jaringan lainnya berupa pengaturan trafik internet upstream arah ke Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia

Saat ini XL Axiata melayani sebanyak 55,5 juta pelanggan, dan didukung dengan lebih dari 129.261 BTS termasuk lebih dari 53.000 BTS 3G dan lebih dari 39.000 BTS 4G.

Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 410 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia. XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

Baca Juga: Operator telekomunikasi meminta keleluasaan membangun di daerah USO

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×