kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45790,50   -3,71   -0.47%
  • EMAS995.000 -1,19%
  • RD.SAHAM 0.22%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.23%

Tak cuma bonus demografi, kualitas SDM Indonesia juga harus meningkat


Senin, 29 Juni 2020 / 17:36 WIB
Tak cuma bonus demografi, kualitas SDM Indonesia juga harus meningkat
ILUSTRASI. Ilustrasi Opini - Memaksimalkan Bonus Demografi

Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bonus demografi adalah sebuah era yang hanya terjadi satu kali sepanjang sejarah. Indonesia harus memanfaatkan bonus demografi tersebut.  “Gagal memanfaatkan bonus demografi justru akan jadi beban dan bencana untuk Indonesia. Percepatan pembelajaran harus segera dilakukan, perusahaan dan pemerintah selayaknya juga turut meninjau ulang sistem anggaran pembinaan sumber daya manusia dan penggunaanya, dari sistem learning centre menuju sitem belajar mandiri,” imbuh Alex Denni, Pegiat sumber daya manusia serta teknologi informasi, dalam rilis, Senin (29/6). 


PricewaterhouseCoopers (PwC) memprediksi, Indonesia akan menempati posisi keempat sebagai negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Menurut Alex, prediksi itu berdasarkan kondisi Indonesia yang sedang menikmati bonus demografi.  Sebuah era jumlah angkatan produktif lebih banyak dibandingkan. Namun, pandemi Covid-19 menjadi hambatan pemanfaatan bonus demografi tersebut..” Pandemi memaksa kita menjalankan keseharian dengan mediasi digital teknologi,” tambah Alex.


Di era digital dan menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi tidak akan bisa terealisasi jumlah sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas masih minim. “Talent pool sumber daya manusia Indonesia di angkatan produktif harus segera ditingkatkan. Percepatan proses pembelajaran harus diusahakan untuk menghasilkan sumber daya manusia berkualitas dan mampu bersaing di tengah kompetisi dunia,” terang Alex. Human capital adalah satu faktor penting dalam risk management. manusia adalah modal (capital) yang tidak tergantikan dan harus terus ditingkatkan kemampuan maupun jumlahnya

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×