kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Targetkan Buka 10 Gerai Baru, Ini Strategi Matahari Department (LPPF)


Senin, 02 Mei 2022 / 18:34 WIB
Targetkan Buka 10 Gerai Baru, Ini Strategi Matahari Department (LPPF)
ILUSTRASI. Pengunjung memilih pakaian yang dijual saat diskon akhir tahun di Mal Ciputra Jakarta, Rabu (29/12/2021). Targetkan Buka 10 Gerai Baru, Ini Strategi Matahari Department (LPPF).


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) di tahun ini menargetkan dapat membuka minimal 10 gerai baru seiring kondisi masyarakat yang berangsur normal. Sejauh ini, LPPF telah berhasil membuka 2 gerai baru, 6 gerai sudah mendapatkan persetujuan, dan 3 gerai masih dalam proses negosiasi.

Langkah LPPF telah dimulai dengan ekspansi pembukaan gerai Matahari di Plaza Ambarrukmo Jogjakarta pada akhir Maret dan pembukaan gerai Matahari di Mal Taman Anggrek Jakarta pada pertengahan April, dengan mengusung konsep baru.

Konsep penataan gerai dibuat lebih luas dengan standar pelayanan yang tinggi. Matahari menggunakan 100% sistem pencahayaan LED yang ramah lingkungan, dan mendukung masyarakat setempat dengan menyediakan lowongan bagi karyawan lokal untuk bekerja di toko.

Sebagai informasi, penambahan kedua gerai baru tersebut menjadikan total gerai Matahari saat ini menjadi 140 gerai yang tersebar di 77 kota di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Matahari Department Store (LPPF) Cetak Laba Bersih Rp 145 Miliar Pada Kuartal I-2022

Selain itu, LPPF juga berencana untuk melakukan renovasi besar pada gerai Matahari lainnya untuk menghadirkan konsep baru. Perseroan baru saja menyelesaikan format gerai baru Matahari di Supermal Karawaci Tangerang. Selanjutnya, telah ada beberapa gerai Matahari lainnya yang telah masuk perencanaan untuk dilakukan penataan konsep gerai baru.

Wakil Presiden Direktur dan CEO Matahari, Terry O Connor mengatakan, untuk mendukung langkah ekspansi tersebut, perusahaan telah menyiapkan 7 strategi kunci di tahun ini.

“LPPF ke depannya akan terus berfokus pada keunggulan operasional, eksekusi strategi dan pengeluaran secara cermat untuk mendorong hasil yang unggul,” ungkap Terry di Jakarta, Rabu (27/4), pekan lalu.

Strategi pertama Matahari adalah melakukan kurasi pada customer-led range untuk menumbuhkan penjualan dan meningkatkan produktivitas margin. Kedua, Matahari akan memperkuat ekspansi ke omnichannel.

Perusahaan berencana melakukan peremajaan dan memperluas kehadiran omnichannel yakni sinergi antara online dan offline dengan menawarkan 30.000 produk pilihan pada matahari.com dan matahari app. Selain itu, Matahari juga melakukan peluncuran official store di Tokopedia dan memperkaya jaringan produk di Shopee.

Ketiga, Matahari akan memperluas jangkauan pasarnya ke ruang potensial untuk menangkap target pelanggan perusahaan. Hal tersebut diwujudkan dengan langkah ekspansi untuk membuka 10 gerai baru di tahun ini. Keempat, Matahari bercita-cita  menjadi yang terbaik di kelasnya dalam hal pengalaman dan personalisasi pelanggan. Hal tersebut dilakukan Matahari dengan menyediakan kepadatan furnitur dan navigasi di lorong-lorong gerai.

Baca Juga: Group Lippo Bukukan Kinerja Cermelang pada 2021, John Riady Beberkan Rahasianya

Kelima, Matahari menawarkan program loyalitas untuk pelanggan setia dengan melakukan penghapusan biaya keanggotaan dan menyediakan analisis data untuk kebutuhan pelanggan dalam mencari produk.

Keenam, Matahari akan melakukan optimasi biaya untuk meraih pengoperasian leverage seiring pertumbuhan bisnis. Ketujuh, Matahari berupaya untuk menjadi pemimpin ritel di Environmental, Social, & Corporate Governance (ESG). Langkah Matahari ini diwujudkan dengan menghadirkan seputar informasi dan kegiatan ESG yang dilakukan pada website resmi perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×