kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tarif 4 Ruas Jalan Tol JTTS Naik pada 2024, Begini Dampaknya Bagi Bisnis Hutama Karya


Selasa, 16 Januari 2024 / 17:20 WIB
Tarif 4 Ruas Jalan Tol JTTS Naik pada 2024, Begini Dampaknya Bagi Bisnis Hutama Karya
ILUSTRASI. PT Hutama Karya (Persero) akan memberlakukan penyesuaian tarif di empat ruas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) pada tahun 2024


Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hutama Karya (Persero) akan memberlakukan penyesuaian tarif di empat ruas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) pada tahun 2024. 

Manajemen Hutama Karya menyatakan, terkait dengan waktu dan besaran penyesuaian tarif masih menunggu terbitnya Surat Keputusan Besaran Golongan Tarif dari Kementerian PUPR.

Adapun, empat ruas tol tersebut yakni Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, Tol Palembang – Indralaya, Tol Pekanbaru – Dumai, dan Tol Sigli – Banda Aceh. 

Baca Juga: Kuartal I-2023, Akan Ada Penyesuaian Tarif di 13 Ruas Jalan Tol

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menuturkan, penyesuaian tarif didasari oleh pasal 48 ayat (3) dan (4) Undang-Undang (UU) No 2/2022 tentang Perubahan Kedua atas UU No 38/2004 tentang Jalan yang diberlakukan setiap dua tahun sekali untuk menjaga kelangsungan jalan tol dan menciptakan iklim investasi jalan tol yang kondusif.

“Penyesuaian tarif ini tentunya akan berdampak positif secara langsung terhadap pendapatan jalan tol HK,” ungkap Tjahjo, kepada Kontan.co.id, Selasa (16/1). 

Namun demikian, Hutama Karya saat ini masih terus memantau perkembangannya, mengingat dengan penyesuaian tarif tersebut juga berdampak pada Willingness-to-Pay (WTP) dari pengguna jalan tol. “Sehingga kemungkinan penurunan trafik diperkirakan akan terjadi,” sambungnya. 

Hutama Karya optimistis prospek bisnis jalan tol pada tahun 2024 akan mengalami pertumbuhan pendapatan dengan mulai beroperasinya beberapa ruas baru pada Jalan Tol Trans Sumatera utamanya di 2024.

Baca Juga: Progress Hampir 50%, Hutama Karya Akan Rampungkan Proyek MRT Mangga Besar-Glodok-Kota

Tjahjo menyebutkan, pendapatan dari pengoperasian jalan tol pada tahun 2023 berkontribusi kurang lebih sebesar 11% dari pendapatan total Perusahaan. 

Hingga tahun 2023, Hutama Karya berhasil merampungkan jalan tol dengan ekuivalen terbangun sepanjang 949 km.  Untuk di Tahun 2024, Hutama Karya akan fokus menyelesaikan JTTS Tahap I meliputi Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi I, Jalan Tol Binjai - Brandan, Jalan Tol Indrapura - Kisaran, Jalan Tol Bangkinang - Pangkalan, dan Jalan Tol Padang - Sicincin. Tidak hanya itu, Hutama Karya juga tengah mengerjakan Jalan Tol Betung - Tempino - Jambi Seksi 3, dan Bypass Pekanbaru - Junction Pekanbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×