kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,76   7,16   0.80%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Teknologi AI dan Otomatisasi Bisa Dorong Efisiensi Biaya Operasional Hingga 25%


Selasa, 02 Juli 2024 / 13:41 WIB
Teknologi AI dan Otomatisasi Bisa Dorong Efisiensi Biaya Operasional Hingga 25%
ILUSTRASI. Kantor Transcosmos Indonesia


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Layanan digital marketing telah menjadi kebutuhan esensial bagi perusahaan saat ini. Inovasi pada layanan ini semakin berkembang dengan pemanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan robotic process automation (RPA) untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Pemanfaatan teknologi AI dan RPA mampu  meningkatkan efisiensi operasional perusahaan-perusahaan dan membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Transcosmos Indonesia (TCID), perusahaan penyedia layanan bisnis digital dan customer experience, juga telah memanfaatkan teknologi AI dan otomasi melalui RPA dalam melayani perusahaan-perusahan yang menjadi kliennya. 

Anak usaha Transcosmos Inc yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2013 ini sudah menghairkani AI Talkbot dan layanan chatbot pada customer experience (CX) untuk meningkatkan efisiensi operasional dan membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. 

Baca Juga: Elitery (ELIT) Bidik Peluang Bisnis AI dan Keamanan Siber

“Penggunaan RPA ini telah membantu perusahaan mitra mengurangi biaya operasional hingga 25%,” ungkap Vice President Director Transcosmos Indonesia, Ardi Sudarto, dalam keterangan resminya, Sellata (2/6).

Ke depannya, kata dia, TCID akan mengoptimalkan penggunaan AI dan RPA agar dapat berkolaborasi dengan manusia untuk melakukan otomatisasi tugas-tugas administratif di bidang human resources (HR), general administration (GA), dan bidang finance. 

Seperti diketahui, Transcosmos Indonesia menawarkan layanan digital marketing yang komprehensif kepada pelanggan. Mulai dari solusi pengembangan website, kampanye digital, manajemen media sosial, platform customer engagement, perencanaan dan pelaksanaan kampanye iklan digital, produksi konten menarik, hingga pemantauan reputasi brand perusahaan.

Hingga saat ini, ungkap Ardi, TCID telah melayani baanvak perusahaan terkemuka di sektor telekomunikasi, makanan dan minuman (FMCG), keuangan, otomotif, e-commerce, hingga fintech.

Selain berinovasi dalam layanan, perusahaan ini juga melakukan ekpansi jaringan. Terbaru, TCID membuka kantor baru CX Square di Yogyakarta. Sebelumnya, CX Square sudah hadir di Jakarta dan Semarang.

Baca Juga: Pebisnis Edge Computing Jaring Peluang Transformasi Digital

Ardi menyebutkan, ekspansi tersebut dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan klien yang terus meningkat hingga diperlukan perekrutan ratusan talent Yogyakarta yang dikenal kreatif dan mumpuni.

CX Square merupakan nama untuk contact center TCID yang berfungsi sebagai titik interaksi antara pelanggan dengan perusahaan. Lewat kantor itu, Transcosmos akan memperkuat aktivitas layanan Voice of Customer (VOC) dan memberikan pengalaman CX terbaik kepada konsumen melalui layanan  digital contact center, digital promotion dan digital integration.

TCID mengawali bisnis pada 2023 dengan hanya menangani satu klien dengan karyawan tak sampai 50 orang. Jumlah karyawan TCID terus meningkat sesuai dengan kebutuhan klien yang terus bertambah hingga mencapai 2.781 pada 2019. 

Adapun pada tahun 2024 ini, TCID telah menangani puluhan klien dari berbagai industri, dengan total 3.600 lebih karyawan, dan memiliki CX Square di Jakarta,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×