kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Toyota targetkan penjualan mobil hybrid tembus 1.000 unit ditahun 2019


Senin, 22 April 2019 / 16:42 WIB

Toyota targetkan penjualan mobil hybrid tembus 1.000 unit ditahun 2019


KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Pada tahun 2019 Toyota menargetkan penjualan mobil hybrid dapat menembus 1.000 unit. Penetapan target ini berkaca dari perkembangan penjualan mobil hybrid yang terus meningkat tiap tahunnya.

Marketing Director Toyota Anton Jimmi Suwandy bilang penjualan hybrid yang sudah dimulai sejak tahun 2009 terus menunjukkan peningkatan tiap tahunnya. "Pada tahun 2016 penjualan mencapai 250 unit, pada tahun 2018 penjualannya 750 unit," jelas Anton, Senin (22/04).


Ada beberapa faktor yang membuat Toyota yakin penjualan mobil hybrid akan menembus 1.000 unit. Selain efisiensi BBM yang mencapai 62%, emisi rendah yang ditawarkan oleh mobil hybrid juga dianggap akan meningkatkan minat pasar. Selain itu Anton bilang adanya selisih harga yang tipis khususnya untuk unit C-HR Hybrid yang baru diluncurkan juga akan mendongkrak penjualan.

"Selisih harga untuk C-HR Hybrid dengan yang konvensional hanya Rp 30 juta, sehingga penjualannya bisa meningkat," ujar Anton. Pihak Toyota pun menargetkan penjualan C-HR Hybrid pasca diluncurkan sekitar 40 unit per bulan.

Selisih ini tergolong murah ketimbang selisih harga pada unit Toyota lainnya. Sebagai contoh, selisih harga Camry hybrid dengan Camry konvensional mencapai Rp 100 juta.

Asal tahu saja, pada tahun 2019 Toyota menargetkan penjualan sebanyak 350.000 hingga 360.000 unit. Ini menunjukkan target penjualan mobil hybrid masih sangat rendah dari target penjualan keseluruhan.

Menanggapi hal tersebut, Anton bilang faktor-faktor yang mempengaruhi adalah rendahnya edukasi tentang mobil hybrid dan pasokan mesin.

Pihak Toyota menganggap edukasi merupakan bagian penting dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang keunggulan mobil hybrid. Toyota pun terus melakukan edukasi dengan menggandeng pihak media demi memperkenalkan mobil hybrid.

Selain itu, Anton menjelaskan pasokan mesin di pabrikan selama ini didominasi mesin konvensional dan untuk mesin hybrid memang masih sangat rendah.

Anton menambahkan, Toyota mengapresiasi dukungan pemerintah terhadap perkembangan mobil hybrid di tanah air. Selain itu kabarnya pemerintah akan mengeluarkan regulasi baru tahun ini tentang elektrifikasi, demi mendukung rencana tersebut Toyota siap membantu Pemerintah dalam mengenalkan mobil hybrid atau mesin listrik lainnya.


Reporter: Filemon Agung
Editor: Azis Husaini

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×