Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring menyebarnya pandemi Covid-19, keberadaan UMKM di Indonesia juga mengalami peningkatan. Data yang dirilis Tokopedia menunjukkan, terjadinya peningkatan jumlah penjual di platformnya dari yang semula 7,2 juta pada Januari 2020 menjadi lebih dari 10 juta saat ini.
Tokopedia lantas membagikan beberapa temuan menarik terkait tren penjualan produk yang dapat menjadi inspirasi bisnis bagi masyarakat.
"Dalam membangun bisnis, khususnya di tengah pandemi, memahami tren pasar merupakan hal yang sangat penting,” jelas External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya.
Lantas, apa saja tren dan peluang bisnis 2021? Berikut temuan Tokopedia seperti yang dilansir Kontan dari siaran pers yang dirilis Jumat (5/3/2021);
Baca Juga: Kisah Pancal Bike Craft yang mendapat untung dari usaha push bike
Pertama, bisnis makanan dan minuman
Kategori F&B menjadi salah satu kategori yang paling populer di Tokopedia menjelang akhir 2020 dengan peningkatan transaksi mencapai lebih dari tiga kali lipat.
“Menjual produk yang paling banyak dicari masyarakat dapat menjadi strategi yang baik dalam memulai usaha. Beberapa produk makanan dan minuman yang paling dicari masyarakat belakangan ini antara lain madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras,” jelas Ekhel.
Baca Juga: Riset Eyos: Ritel modern masih tumbuh di tengah pandemi Covid-19
Dia menambahkan, berjualan makanan siap masak juga dapat dijadikan peluang usaha saat ini. Tokopedia melihat adanya peningkatan penjualan makanan siap masak menjadi lebih dari 3,5x lipat di akhir tahun 2020.
Kedua, kecantikan dan perawatan tubuh
Pandemi mendorong terciptanya tren dan peluang baru, termasuk di bidang kecantikan dan perawatan tubuh. Tokopedia mencatatkan adanya peningkatan transaksi pada kategori kecantikan mencapai hampir dua kali lipat menjelang akhir 2020.
Gentle Hour, salah satu pegiat usaha lokal di kategori Kecantikan Tokopedia yang memulai bisnisnya di tengah pandemi, turut mencatat kenaikan transaksi hingga 13 kali lipat dan berhasil menjangkau pelanggan bahkan hingga ke Papua.
Ketiga, tanaman dan alat berkebun
Menurut Ekhel, berkebun menjadi salah satu hobi yang banyak digemari masyarakat sepanjang pandemi.
"Adanya kenaikan transaksi lebih dari empat kali lipat pada sub kategori Taman sepanjang 2020 jika dibandingkan 2019 di Tokopedia, dapat menjadi inspirasi usaha di 2021," katanya.
Baca Juga: Potensi kredit UMKM masih besar, bank harus ambil peluang
Keempat, produk olahraga
Produk olahraga yang digemari selama 2020 berdasarkan pembelian di Tokopedia yaitu olahraga sepeda, fitness, memancing, mendaki dan berkemah, serta sepakbola atau futsal.
Kelima, alat Lukis
Di tengah pandemi, melukis menjadi salah satu hobi yang digemari masyarakat, contohnya aktivitas paint by numbers. Hal ini terlihat dari kenaikan jumlah penjualan produk-produk seperti perlengkapan melukis pada subkategori Office & Stationery di Tokopedia yang naik mencapai hampir dua kali lipat selama 2020.
“Ini juga bisa menjadi peluang usaha,” tutup Ekhel.
Selanjutnya: Walau meningkat, bankir memastikan NPL kredit UMKM masih terjaga
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News