kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.931.000   26.000   1,36%
  • USD/IDR 16.463   7,00   0,04%
  • IDX 6.894   62,20   0,91%
  • KOMPAS100 1.000   9,34   0,94%
  • LQ45 774   6,67   0,87%
  • ISSI 220   2,81   1,30%
  • IDX30 401   2,46   0,62%
  • IDXHIDIV20 475   1,62   0,34%
  • IDX80 113   1,02   0,91%
  • IDXV30 115   0,11   0,09%
  • IDXQ30 131   0,72   0,56%

Cara Membuat Leadership Development Plan yang Efektif


Selasa, 01 Agustus 2023 / 17:56 WIB
Cara Membuat Leadership Development Plan yang Efektif
ILUSTRASI. Freepik - kontan mekari kilas online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Sebuah perusahaan tidak akan bisa bertahan dan berkembang tanpa dukungan karyawan yang profesional. Sedangkan untuk mendapatkan karyawan seperti yang dibutuhkan perusahaan perlu waktu yang cukup panjang karena berkaitan dengan penambahan skill karyawan tersebut. Untuk mengatasi hal ini, perlu adanya Talent Development.

Talent Development adalah bagian dari sebuah organisasi usaha yang bertugas untuk mendorong dan melatih karyawan agar bisa meningkatkan kemampuannya. Selain itu, bagian ini juga mempunyai tugas untuk mempertahankan karyawan terbaik agar tidak resign atau berpindah ke perusahaan lainnya. Agar memudahkan proses tersebut, Anda bisa memanfaatkan aplikasi perencanaan dan pengembangan karir karyawan dari Mekari Talenta.

7 Cara membuat leadership development plan yang efektif

Sebagai salah satu aset non materiil, peran karyawan bagi perusahaan sangat penting. Sedangkan perusahaan lain sudah siap untuk menampung atau menerima karyawan yang kompeten setiap saat. Bahkan tidak jarang banyak perusahaan yang berani hire dengan memberikan gaji serta fasilitas lebih baik sebagai daya tarik.

Manajemen berkewajiban untuk membuat berbagai program agar semua karyawan bisa meningkatkan kemampuannya dan berkontribusi lebih untuk perusahaan. Salah satu caranya adalah dengan membangun Talent Development guna menggali dan memaksimalkan potensi karyawan serta memberikan kesempatan kepada mereka untuk meningkatkan karir. Beberapa yang bisa dilakukan adalah:

1. Mengidentifikasi bakat karyawan

Semua karyawan mungkin bisa bekerja dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik, bahkan pada saat penilaian selalu mendapatkan poin terbaik. Namun tidak semua karyawan mempunyai kemampuan untuk memimpin organisasi atau perusahaan.

Kemampuan memimpin merupakan bakat yang perlu dikembangkan sehingga manajemen perlu mendata karyawan mana saja yang mempunyai kemampuan tersebut. Selanjutnya setelah proses identifikasi selesai, maka manajemen mempunyai tugas untuk mendorong dan memberikan dukungan agar bakat tersebut dapat berkembang secara optimal.

2. Mencari dukungan dari pembuat keputusan di perusahaan

Pelatihan manajerial atau kemampuan dalam memimpin membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena itu tim yang mendapat tanggung jawab untuk handle Talent Development perlu mendapat dukungan dari pembuat keputusan terkait dana yang harus dikeluarkan.

Sebaiknya memastikan juga jumlah dana yang tersedia untuk program tersebut berikut waktu untuk bisa menggunakan dan sehingga program bisa berjalan lancar. Meski membutuhkan biaya tidak sedikit, namun karena penting perusahaan harus menyediakannya.

3. Mengidentifikasi gaya kepemimpinan yang paling sesuai untuk perusahaan

Tidak semua gaya kepemimpinan sesuai untuk suatu perusahaan, karena itu dalam membuat leadership development plan yang efektif perlu mempertimbangkan hal ini. Diskusikan dengan pemimpin atau pemilik usaha, sistem apa yang akan diberlakukan di perusahaan tersebut sehingga pemimpin yang dihasilkan bisa mengaplikasikan kemampuannya tersebut.

4. Menentukan kompetensi pemimpin utama

Dalam proses untuk memberikan kesempatan kepada semua karyawan agar bisa berkembang, perusahaan perlu mengidentifikasi jenis kepemimpinan yang paling sesuai selanjutnya membandingkan dengan gaya kepemimpinan yang sudah berjalan.

Perbedaan ini yang perlu menjadi poin dalam menyiapkan calon pemimpin masa depan sehingga organisasi bisnis bisa berjalan dengan baik. Dalam memberikan penilaian harus dilakukan secara fair agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Penilaian fair juga akan membuat semua karyawan merasa bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang dan menjadi salah satu kandidat sebagai pemimpin di masa mendatang. Career plan sangat penting agar semua karyawan termotivasi untuk memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan.

5. Merancang leadership development

Untuk membuat leadership development plan yang efektif perlu rancangan dengan mempertimbangkan banyak hal. Membentuk seseorang menjadi pemimpin yang handal tidak bisa instan. Meksi sudah mempunyai bakat, namun harus terus dipupuk agak kemampuan tersebut semakin bagus dan aplikatif serta sesuai untuk jenis usaha yang dijalankan.

Dalam membuat rancangan ini perlu mempertimbangkan banyak hal. Bukan hanya bagaimana menambah kemampuan seorang karyawan untuk siap menjadi pemimpin, tetapi juga menyediakan posisi atau jabatan yang sesuai. Jika hal ini tidak dilakukan, maka karyawan potensial tersebut bisa saja diambil oleh perusahaan lain.

6. Memberikan kesempatan kepada kandidat untuk menunjukkan kemampuan

Seorang kandidat tidak akan terlihat potensinya jika tidak diberi kesempatan untuk menunjukkannya. Karena itu dalam membuat leadership development plan yang efektif, manajemen perlu menyiapkan skema agar semua kandidat mempunyai kesempatan yang sama.

Ini juga bisa menjadi salah satu cara dalam melakukan seleksi dan memilih kandidat terbaik yang akan mendapatkan kesempatan untuk menduduki posisi tertentu. Selain itu juga bisa menjadi cara agar masing-masing kandidat bisa bersaing menunjukkan kemampuan terbaik serta terus meningkatkan kapasitasnya.

7. Melakukan evaluasi secara terus menerus

Evaluasi merupakan cara untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari masing-masing kandidat. Evaluasi secara terus menerus akan membuat manajemen lebih mudah membentuk pemimpin seperti harapan perusahaan. Hal ini membuat biaya yang dikeluarkan lebih efisien karena jika ada kandidat yang tidak sesuai dengan bisa segera mencari gantinya.

Untuk memudahkan dalam proses mendapatkan pemimpin terbaik bisa menggunakan Aplikasi perencanaan dan pengembangan karir karyawan dari Mekari Talenta. Aplikasi ini mempunyai berbagai fitur yang membantu dalam melakukan seleksi, memberi bimbingan maupun evaluasi kandidat yang sudah masuk program leadership.

Dengan menggunakan aplikasi dari Mekari Talenta, semua proses lebih terarah dan terukur sehingga memudahkan untuk mendapatkan pemimpin terbaik sesuai kebutuhan perusahaan. ketersediaan kandidat pemimpin yang profesional dan handal memudahkan manajemen dalam mengembangkan usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Cara Praktis Menyusun Sustainability Report dengan GRI Standards Strive

[X]
×