kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung Pertumbuhan Industri, Inovasi HRIS Indonesia Tampil di Hannover Messe 2023


Kamis, 20 April 2023 / 12:53 WIB
Dukung Pertumbuhan Industri, Inovasi HRIS Indonesia Tampil di Hannover Messe 2023
Paviliun Indonesia di Pameran Hannover Messe 2023 di Jerman 2023. Inovasi Teknologi HRIS Indonesia Menarik Perhatian Dunia di Pameran Hannover Messe, Jerman 2023.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Teknologi industri sebenarnya tidak hanya terbatas pada penggunaan mesin dan komputer untuk memecahkan masalah peradaban. Pengelolaan sumber daya manusia juga menjadi salah satu hal yang kini menjadi isu penting, karena faktor manusia selalu ada di balik pemanfaatan teknologi apapun, terutama di bidang perindustrian.

Pelajaran ini bisa dipetik dari Pameran Hannover Messe 2023 di Jerman, yang dibuka pada tanggal 16 April 2023 oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Salah satu contoh inovasi teknologi dari Indonesia yang ditampilkan di pameran ini adalah solusi HRIS dari perusahaan Zemangat. Zemangat adalah salah satu dari 21 perusahaan yang dipilih oleh Kementerian Perindustrian untuk mewakili Indonesia karena inovasinya dalam mengembangkan solusi teknologi HRIS. 

Baca Juga: Kemenkominfo Jalin Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia-Jerman Bersama BMDV

Solusi ini merupakan sistem pengelolaan sumber daya manusia di segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dapat meningkatkan performa bisnis, dari manajemen kehadiran, pengelolaan cuti dan izin, hingga proses penggajian yang fleksibel.

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan, Muhammad Ramadhan, mengatakan, pihaknya meyakini bahwa sistem HRIS merupakan alat yang ampuh yang akan menguntungkan bisnis karena dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan efektivitas tim SDM. 

Menurutnya, sistem tersebut berbasis web atau cloud, dimana user seperti para leader di berbagai lini dan tim SDM akan dapat mengakses sistem dari mana pun mereka berada.

CEO Zemangat, Fielien Kosasih, mengatakan bahwa mereka sangat bangga dapat berpartisipasi dalam Hannover Messe 2023 dan memperkenalkan solusi HRIS terdepan dari Indonesia kepada dunia.

Baca Juga: BPSDMI Kemenperin Dukung Proses Transformasi Teknologi 4.0 pada Hannover Messe 2023

Dukungan Kemenperin sangat berarti bagi mereka dan mereka berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi dalam pengelolaan SDM untuk mendukung pertumbuhan industri di Indonesia dan di tingkat global.

Sebagai bagian dari upaya Indonesia dalam mewujudkan Revolusi Industri 4.0, dukungan dari Kemenperin kepada Zemangat dalam partisipasinya di Hannover Messe 2023 adalah contoh konkret dari komitmen pemerintah Indonesia dalam mendorong startup lokal yang berpotensi menjadi pemain global di bidang HRIS, serta membantu meningkatkan daya saing industri Indonesia dalam era digitalisasi dan transformasi industri.

"Kami terus mendukung startup Indonesia menjadi solusi yang tidak hanya berkontribusi bagi Industri di Indonesia tapi juga dalam skala global. Partisipasi Zemangat dalam Hannover Messe 2023 adalah sebuah momentum untuk menunjukkan gelombang akselerasi digital di Indoneisa," terangnya dalam siaran pers, Kamis (20/4).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×