kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,25   4,56   0.46%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Freeport-McMoran Tunjuk Kathleen L. Quirk Gantikan Richard Adkerson Sebagai CEO


Minggu, 11 Februari 2024 / 20:11 WIB
Freeport-McMoran Tunjuk Kathleen L. Quirk Gantikan Richard Adkerson Sebagai CEO
ILUSTRASI. Freeport-McMoran Inc (FCX) menunjuk Kathleen L. Quirk sebagai Presiden dan Chief Executive Officer (CEO) menggantikan Richard C. Adkerson


Reporter: Filemon Agung | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Freeport-McMoran Inc (FCX) menunjuk Kathleen L. Quirk sebagai Presiden dan Chief Executive Officer (CEO) menggantikan Richard C. Adkerson.

Keputusan ini diumumkan pada 6 Februari 2024 dikutip dari laman resmi Freeport-McMoran yang berlaku efektif pada rapat pemegang saham tahunan pada 11 Juni 2024. 

Baca Juga: Freeport-McMoRan's Profit Beats Estimates on Strong Copper Production

Sementara itu, Richard C. Adkerson masih akan tetap menjadi Ketua Dewan Direksi dengan peranan mendukung transisi kepemimpinan dan bisnis Freeport dalam hal-hal strategis yang penting bagi perusahaan.

Direktur Utama Independen Dusty McCoy mengatakan, pihaknya telah membahas soal penerus Richard C. Adkerson dalam beberapa waktu terakhir.

Rekam jejak Kathleen selama 35 tahun dilingkup perusahaan dinilai menjadi salah satu keunggulam tersendiri. 

Baca Juga: Freeport Indonesia's Gold and Copper Production Increases in 2023

"Selama 35 tahun karirnya di perusahaan tersebut, beliau memiliki pengetahuan luas tentang bisnis dan operasi Freeport, sumber daya manusia dan budayanya, serta memiliki kualifikasi tinggi untuk memimpin Freeport sebagai CEO," kata McCoy, dikutip Minggu (11/2). 

McCoy melanjutkan, jajaran dewan berterima kasih kepada Richard atas kepemimpinannya selama kurun 20 tahun. 

Richard dinilai telah menjadikan Freeport sebagai pemimpin global dalam industri tembaga, mewujudkan pembangunan nilai bagi para pemangku kepentingan dan membangun organisasi yang kuat dan budaya kinerja tinggi.

Baca Juga: Soal Relaksasi Ekspor Konsentrat Freeport, Begini Tanggapan Menteri ESDM

"Komitmen Richard yang berkelanjutan untuk mendukung perusahaan dalam permasalahan global yang mempunyai kepentingan strategis bagi Freeport dan industri tembaga secara luas akan terus memberikan nilai yang signifikan," sambung McCoy. 

Kathleen tercatat bergabung dengan Freeport pada tahun 1989 dan bertanggung jawab atas berbagai fungsi perusahaan, termasuk Pajak, Hubungan Investor, Pengembangan Perusahaan, dan Perbendaharaan sebelum diangkat menjadi Chief Financial Officer pada tahun 2003.

Kathleen diangkat sebagai Presiden FCX ??pada tahun 2021 dan menjadi anggota Dewan Direksi pada tahun 2023. Sebagai anggota senior tim eksekutif perusahaan selama lebih dari 20 tahun, Kathleen berperan penting dalam perencanaan strategis Freeport dan pelaksanaan tujuan perusahaan. 

Kathleen mengungkapkan, dirinya bersemangat untuk memimpin FCX dengan didukung tim global yang menurutnya sangat berbakat yang berkomitmen terhadap misi perusahaan menyediakan tembaga dan logam lainnya yang penting bagi kehidupan dan perekonomian global dengan cara yang bertanggung jawab dan efisien. 

Baca Juga: Pemerintah Setujui RKAB, Segini Target Produksi Freeport

"Saya berharap dapat terus meningkatkan nilai bagi para pemangku kepentingan melalui pelaksanaan rencana kami yang kuat, penerapan inovasi dan teknologi baru untuk meningkatkan efisiensi dan mengembangkan bisnis kami melalui pengembangan basis sumber daya yang besar untuk melayani pasar yang semakin luas bagi produk-produk kami," kata Kathleen. 

Sementara itu, Richard menyampaikan rasa terima kasihnya untuk kesempatan memimpin Freeport selama 20 tahun terakhir. Selain mengapresiasi kinerja seluruh tim, Richard turut mendukung penunjukan Kathleen sebagai CEO baru. 

"Ketajaman bisnis dan strategis Kathleen yang kuat serta tanggung jawab yang semakin meningkat selama bertahun-tahun telah menunjukkan bahwa dia memiliki keterampilan untuk memimpin perusahaan kami dan meneruskan tradisi keunggulan Freeport," pungkas Richard. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU
Kontan Academy
Strategi Digital Marketing 2024 Menguasai Perubahan dan Meningkatkan Konversi #BisnisJangkaPanjang #TanpaCoding #PraktekLangsung Mastering Capital Budgeting

[X]
×