kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Isuzu Perlu Kepastian Soal Roadmap Kendaraan Niaga Listrik di Indonesia


Sabtu, 20 Agustus 2022 / 20:36 WIB
Isuzu Perlu Kepastian Soal Roadmap Kendaraan Niaga Listrik di Indonesia
ILUSTRASI. Isuzu Butuh Kepastian Roadmap Kendaraan Niaga Listrik di Indonesia


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Indonesia berencana mewujudkan bebas karbon di 2060. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan penggunaan kendaraan listrik di sektor transportasi. Selain kendaraan penumpang, tentu truk atau bus juga turut menggunakan teknologi tersebut agar nol emisi. 

Namun, menuju 2060, APM butuh kejelasan ke mana arah pengembangannya, terutama dalam bentuk road map. Attias Asril, Marketing Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengatakan, investasi ke depan untuk truk harus melihat road map yang dibuat oleh pemerintah.

"Antara hybrid atau langsung ke EV ini kembali ke road map-nya. Karena buat APM atau produsen, ini penting arahannya, journey itu penting. misal 2060 EV semua, antara (2022-2060) itu gimana?," kata pria yang akrab disapa Aat kepada Kompas.com, Jumat (20/8/2022). 

Baca Juga: Pengamat Otomotif: Penjualan Motor Listrik akan Meningkat di Semester II-2022

Adanya kejelasan road map penting, sehingga APM bisa mempersiapkan investasi dan teknologi. Jangan sampai tidak jelas dan mendadak, tentu ini akan merepotkan bagi APM. 

"Bukan masalah enggak sanggup, tapi investasi yang sudah terlanjur terjadi gimana?," ucapnya. 

Kalau dilihat sekarang, sudah berlaku regulasi kendaraan diesel dengan standar Euro 4. Bisa saja beberapa tahun lagi berlaku Euro 5, atau Euro 6 layaknya di Eropa, tentu akan ada juga investasinya. 

"Eropa kan sudah Euro 6, atau mau jump (lompat), mau hybrid dulu, ini penting," kata Aat. 

Road map ini penting supaya APM siap dan yang paling penting investasi. Target netral karbon di 2060 memang sudah dipatok, jangan sampai ada ketidakjelasan yang membuat APM kesulitan menentukan investasi. 

Baca Juga: Penjualan Truk dan Bus Nasional Melonjak Sepanjang Tahun 2022

"Susah kalau dilepas. Bayangin nanti ada negara yang sudah punya teknologi maju dia bawa ke sini. terus gimana, padahal kan maunya mengembangkan industri dalam negeri, kalau gitu kan cenderungnya semua CBU lagi," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Isuzu Butuh Kepastian Roadmap Kendaraan Niaga Listrik di Indonesia"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×