Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku pemegang merek Honda di Indonesia optimistis menjalani pasar mobil di 2013.
Produsen otomotif asal Jepang itu menargetkan pencapaian penjualan sebesar 100.000 unit di sepanjang tahun 2013.
"Pada tahun lalu (2012) penjualan kami mencapai 69.320 unit. Lalu tahun ini kami menargetkan penjualan 100.000 unit," kata Yosep Swasono Agus, Corporate Communication Manager PT. Honda Prospect Motor dalam Honda New Year Media Gathering 2013 di Jakarta, Rabu (13/2).
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), tahun 2012 lalu, Honda mencatatkan penjualan 69.320 unit dengan pangsa pasar 6,21%.
Penjualan Honda tahun 2012 melonjak dari tahun 2011 lalu, di mana pada 2011 Honda membukukan penjualan sebesar 45.416 unit.
Dengan target 100.000 unit di tahun 2013 dan proyeksi pasar mobil yang mencapai 1,2 juta unit, Honda menargetkan pangsa pasar sebesar 8,3%.
Pencapaian yang tinggi di tahun 2012 didukung berbagai lini produk Honda seperti City, Civic, CR-V, Freed, dan Brio.
Honda Brio sendiri semenjak diluncurkan pada Agustus 2012 lalu, berhasil mencatat penjualan sehesar 8.002 unit dengan pangsa pasar sebesar 36%.
"Honda Brio menjadi mobil city car nomor satu di Indonesia mengalahkan produk city car lainnya," tandas Yosep.
Adapun di bulan Januari 2013 kemarin, Honda membukukan penjualan 5.746 unit. New Honda Jazz yang baru diluncurkan 22 Januari lalu memberikan kontribusi terbesar dengan penjualan 2.337 unit.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News