kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kilang Pertamina Internasional Ungkap HSSE Sebagai Keunggulan Kompetitif Perusahaan


Jumat, 10 Mei 2024 / 22:20 WIB
Kilang Pertamina Internasional Ungkap HSSE Sebagai Keunggulan Kompetitif Perusahaan
ILUSTRASI. PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) terus memperkuat penerapan aspek Health, Safety, Security and Environment (HSSE). ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/foc.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) terus memperkuat penerapan aspek Health, Safety, Security and Environment (HSSE) sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari operasional perusahaan.

Corporate Secretary KPI Hermansyah Y Nasroen mengatakan, HSSE adalah bagian penting dalam memastikan kilang dikelola secara aman dan handal. Untuk memastikan hal tersebut, budaya HSSE menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari diri semua pekerja dan mitra yang terlibat di kilang.

"KPI saat ini melakukan pendekatan terhadap aspek pemahaman tentang faktor-faktor psikologis, sosial dan teknis yang mempengaruhi keselamatan kerja. Program ini kami sebut dengan SLP (Safety Leadership Program - Red) 4.0," kata Hermansyah dalam keterangan resmi, Jumat (10/5).

SLP 4.0, menurut Hermansyah juga memberikan gambaran bagaimana memimpin dengan teladan, membangun budaya keselamatan yang positif, dan melibatkan pekerja dalam upaya meningkatkan safety di tempat kerja.

Baca Juga: Konflik Iran-Israel, Cadangan BBM Nasional Masih Aman

"Membangun budaya keselamatan bagi KPI merupakan hal yang terus menerus dilakukan agar operasional kilang tidak membahayakan para pekerja dan juga masyarakat sekitar kilang," ujar Hermansyah.

Baru-baru ini, upaya untuk terus mempertahankan aspek HSSE dalam operasional perusahaan, KPI meraih penghargaan WSO Indonesia-Pakistan Safety Culture Award (WISCA - WPSCA) Tahun 2024. World Safety Organization (WSO) sendiri adalah organisasi K3 se-dunia yang berkantor pusat di Amerika Serikat dan memiliki perwakilan di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

WSO memiliki perwakilan di berbagai negara termasuk di Indonesia. WISCA adalah salah satu program yang dilakukan oleh WSO Indonesia sejak tahun 2020 sebagai upaya mendukung Program Pemerintah dalam membangun Indonesia Berbudaya K3.

"KPI melalui Kilang Unit Dumai, Unit Plaju dan Unit Balongan baru saja menerima penghargaan pada ajang WISCA - WPSCA Tahun 2024. Kilang Dumai, Plaju dan Balongan mendapatkan penghargaan Bintang 4 - Gold Category. Kilang Dumai juga mendapatkan penghargaan tambahan pada kategori Concerned CSR-OSH Award," ujar Hermansyah.

Ia menambahkan, pengelolaan kilang yang aman dan handal adalah hal yang sangat penting untuk memastikan operasional kilang. Dan ini juga akan menjadi bukti kompetensi dan kapabiltas KPI dalam mengelola kilangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×