kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kirana Megatara (KMTR) siapkan belanja modal sekitar Rp 120 miliar


Senin, 13 Mei 2019 / 18:59 WIB
Kirana Megatara (KMTR) siapkan belanja modal sekitar Rp 120 miliar

Reporter: Kenia Intan | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Kirana Megatara Tbk (KMTR) menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 120 miliar. Dana ini disiapkan untuk penyelesaian pabrik dan perawatan rutin.

Sekretaris Perusahaan PT Kirana Megatara Tbk (KMTR) Ferry Sidik, menyatakan sumber pendanaan ini berasal dari internal perusahaan. Ia menjelaskan meskipun di tahun 2018 hanya mencetak keuntungan bersih sebesar Rp 1,5 miliar, tetapi sebenarnya keuntungan KMTR mencukupi untuk belanja modal.


"Secara Ebitda perusahaan, kalau kita keluarkan depresiasi dan sebagainya, sebenarnya perusahaan itu ada untuk kebutuhan yang kurang lebih Rp 100 miliar itu," kata Ferry lagi.

Alokasi Rp 120 miliar akan diserap untuk finalisasi pabrik baru di Medan dan Palembang, serta untuk perawatan rutin. Proses dua pabrik tersebut sudah berlangsung sejak dua tahun silam. Rencananya kedua pabrik tersebut akan beroperasi di semester dua mendatang. Adapaun kedua pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi 36.000 hingga 40.000 per tahun.

Sedangkan untuk kemungkinan ekspansi, KMTR melihat kapasitas produksi saat ini sudah sangat mencukupi. "Tanpa PT Bintang Agung Persada saja kita sudah memproduksi 720.000 ton," kata Ferry, padahal target tahun ini hanya 500.000 ton saja. Akan tetapi, KMTR tidak mau menutup kemungkinan untuk melakukan ekpansi jika kondisi industri karet membaik.

Sekadar informasi, PT Bintang Agung Persada baru saja diakuisisi KMTR di awal tahun 2019 dengan dana right's issue yang diperolehnya.




TERBARU
Terpopuler

Close [X]
×