kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.508.000   10.000   0,67%
  • USD/IDR 15.930   -61,00   -0,38%
  • IDX 7.141   -39,42   -0,55%
  • KOMPAS100 1.095   -7,91   -0,72%
  • LQ45 866   -8,90   -1,02%
  • ISSI 220   0,44   0,20%
  • IDX30 443   -4,74   -1,06%
  • IDXHIDIV20 534   -3,94   -0,73%
  • IDX80 126   -0,93   -0,74%
  • IDXV30 134   -0,98   -0,72%
  • IDXQ30 148   -1,09   -0,73%

Lazada Dorong Keberlanjutan Lewat Peningkatan Literasi Mitra Strategis


Kamis, 18 Juli 2024 / 17:22 WIB
Lazada Dorong Keberlanjutan Lewat Peningkatan Literasi Mitra Strategis
ILUSTRASI. Lazada memberikan literasi digital kepada para kurir Berkat sebagai bentuk dari program keberlanjutan.


Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Francisca bertha

KONTAN.CO.ID - Lazada Indonesia mendorong ekonomi digital dan peningkatan literasi ekonomi digital pada mitra strategis sebagai program berkelanjutan. Termasuk diantaranya bekerja sama dengan perusahaan logistik seperti CV Berkat Langgeng Abadi (Berkat).

Pemerintah Indonesia mencanangkan visi Indonesia Emas 2045 dengan salah satu fokus pilar pada pembangunan manusia serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pemilihan fokus pilar ini tidak lepas dari situasi bonus demografi yang tengah dialami Indonesia dan diperkirakan akan mencapai puncaknya pada tahun 2030 mendatang.

Dengan pengetahuan dan keahlian lokal dari Berkat, Lazada menjadikan masyarakat yang tinggal di area terpencil di Tangerang, Banten, serta Jawa Barat dan sekitarnya memiliki akses pasar yang sama dengan mereka yang tinggal di perkotaan demi menumbuhkan ekonomi digital.

Baca Juga: Indonesia Juara Penjualan E-Commerce di Asia Tenggara, Shopee Jawara Tokopedia Turun

Kolaborasi Lazada dengan Berkat yang terjalin sejak tahun 2022 ini terjadi di saat Lazada mengalami peningkatan jumlah pelanggan dan membutuhkan dukungan mitra untuk menjaga kualitas layanan yang prima.

Tak hanya mendorong pertumbuhan ekonomi digital, kolaborasi ini juga berkomitmen untuk meningkatkan literasi ekonomi digital masyarakat. Upaya ini dilakukan dengan pengembangan kapasitas mitra kurir sebagai agen perubahan literasi ekonomi digital.

Lazada dan Berkat menyadari mitra kurir juga tak hanya berperan penting sebagai garda depan operasional pengantaran paket, namun juga mampu berperan sebagai agen perubahan yang ‘mengantarkan’ pesan-pesan literasi ekonomi digital kepada konsumen dan masyarakat.

Berdasarkan data BPS tahun 2023, jumlah penduduk Indonesia usia produktif (15-64 tahun) mencapai 69% dari total populasi Indonesia. Untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045 beserta bonus demografi, diperlukan upaya bersama dari para pemangku kepentingan di Indonesia dalam mempersiapkan penduduk usia produktif yang ada menjadi SDM yang unggul dan siap berkompetisi di era digital sekarang ini.

Baca Juga: Shopee Masih Menguasai Pasar E-commerce di Asia Tenggara

SDM ini harus bisa dididik dan diberdayakan dengan optimal agar mereka bisa berkarya dan jangan sampai jadi beban demografi di industri yang bergerak dengan cepat ini.

Chief Business Officer Lazada Indonesia, Stefan Winata mengatakan bahwa telah menjadi komitmen perusahaan untuk terus mengembangkan talenta atau SDM yang ada di ekosistem dan mengajak mereka untuk turut berkontribusi menumbuhkan ekosistem ekonomi digital.

Infrastruktur dan teknologi canggih yang ada di Lazada memungkinkan pihaknya untuk terus mengembangkan berbagai program pemberdayaan talenta.

"Meski demikian, kolaborasi dengan berbagai mitra strategis juga menjadi kunci penting untuk memastikan upaya kolektif ini memberikan hasil yang optimal,” kata Stefan.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia terus berupaya menumbuhkan tingkat literasi digital masyarakat Indonesia, yang saat ini berada di angka 3,54 dari 5,00 atau tingkat sedang.

Baca Juga: Tiktok Dikabarkan Akan Caplok Travel Agen Online di Indonesia

Berbagai tantangan masih harus dihadapi dalam upaya peningkatan literasi digital ini, termasuk akses infrastruktur digital yang belum merata.

Direktur Berkat, Edwin bilang bahwa kondisi literasi digital masyarakat yang masih kurang di beberapa daerah, khususnya di beberapa area pengiriman paket BErkat di Jawa Barat, memang menjadi tantangan dalam operasional. .

Kami justru melihat hal tersebut sebagai kesempatan untuk memberdayakan kurir kami untuk menjadi bagian dari agen perubahan. Saat mengantarkan paket ke pelanggan, mereka juga bisa sekaligus berinteraksi dan memberikan informasi sederhana mengenai proses di perdagangan digital,” kata Edwin.

Oleh karena itu, Edwin menambahkan bahwa kolaborasi Lazada dan Berkat berfokus pada pengembangan kapasitas mitra kurir yang berada di bawah naungan Berkat.

Pengalaman dan keahlian Lazada dalam ekosistem eCommerce dengan sistem pengiriman paket yang mumpuni menjadi materi edukasi rutin untuk para mitra kurir di bawah naungan Berkat.

Baca Juga: Pengguna Lazada Bisa Berburu Liburan Gratis ke Tiga Negara di Festival Belanja 7.7!

Lazada memang sejak lama telah memahami kebutuhan yang berkelanjutan akan sumber daya yang mumpuni di dalam ekosistem ekonomi digital.

Dengan ekosistem digital yang dimilikinya, Lazada menawarkan banyak kesempatan ekonomi, termasuk dengan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia.

Menurut Laporan Dampak Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (Environment, Social, and Governance - ESG): Memperkaya Kehidupan, Bangkit Lebih Kuat (Enriching Lives, Emerging Stronger) yang dirilis Lazada tahun 2023 di enam negara, Lazada terus memberikan peluang ekonomi kepada lebih dari 1,1 juta pemangku kepentingan dalam ekosistem penjual, enabler perdagangan digital, mitra logistik pihak ketiga, dan karyawan. Komitmen dalam pemberdayaan masyarakat ini akan terus menjadi salah satu fokus Lazada ke depan.

Stefan bilang dengan misi untuk mempercepat kemajuan di Indonesia melalui perdagangan dan teknologi, kami terus berupaya menjadikan inisiatif dan kolaborasi kami di Lazada, khususnya dengan para mitra lokal, sebagai upaya pemberdayaan talenta Indonesia. K

"Kami berkeinginan untuk berada di Indonesia dalam jangka waktu lama dan berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pertumbuhan ekosistem ekonomi digital di Indonesia,” ungkap Stefan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×