kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.916.000   2.000   0,10%
  • USD/IDR 16.378   50,00   0,31%
  • IDX 7.875   -15,61   -0,20%
  • KOMPAS100 1.106   -4,58   -0,41%
  • LQ45 824   -5,03   -0,61%
  • ISSI 265   -0,24   -0,09%
  • IDX30 426   -2,45   -0,57%
  • IDXHIDIV20 495   -1,05   -0,21%
  • IDX80 124   -0,50   -0,40%
  • IDXV30 132   0,69   0,52%
  • IDXQ30 138   -0,56   -0,40%

FamilyMart Pacu Pertumbuhan Ritel Modern lewat Strategi Digitalisasi FamiGo


Jumat, 22 Agustus 2025 / 13:55 WIB
FamilyMart Pacu Pertumbuhan Ritel Modern lewat Strategi Digitalisasi FamiGo
ILUSTRASI. Suasana familymart di Palmerah Jakarta, Kamis (14/12/2023) Kontan/Panji indra


Reporter: Leni Wandira | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Persaingan bisnis ritel modern kian ketat, mendorong pemain industri untuk mencari strategi baru dalam meningkatkan efisiensi dan loyalitas pelanggan. 

Untuk itu, FamilyMart Indonesia memilih jalur digitalisasi dengan meluncurkan aplikasi FamiGo, yang dirancang untuk memangkas antrean, menawarkan harga lebih kompetitif, serta memperkuat pengalaman belanja konsumen.

Langkah ini sejalan dengan upaya FamilyMart menjawab tantangan antrian panjang di gerai-gerai mereka, seiring meningkatnya jumlah pelanggan. Aplikasi FamiGo sudah tersedia di App Store untuk pengguna iOS dan Google Playuntuk pengguna Android per Agustus 2025.

“FamilyMart Indonesia optimis bahwa FamiGo akan menjadi bagian penting dalam meningkatkan pelayanan, serta loyalitas dan kenyamanan Sobat Famima dalam berbelanja,” ujar Wirry Tjandra, CEO PT Fajar Mitra Indah, pengelola FamilyMart Indonesia dalam keterangan resminya, Jumat (22/8/2025).

Dengan FamiGo, konsumen dapat memesan makanan dan minuman langsung melalui gawai, kemudian mengambil pesanan sesuai waktu yang ditentukan tanpa harus menunggu di antrean. 

Baca Juga: Pola Berubah, Ini Strategi DFI Retail Nusantara (HERO) Hadapi Pelemahan Industri

Aplikasi ini juga menawarkan harga produk lebih murah dibandingkan pembelian langsung di toko, serta dilengkapi voucher potongan harga dan fitur referral.

Dari sisi strategi bisnis, peluncuran FamiGo mencerminkan fokus FamilyMart untuk memperkuat pengalaman pelanggan sekaligus meningkatkan efisiensi operasional gerai. Inovasi ini diharapkan mendongkrak pertumbuhan transaksi digital dan memperluas basis pelanggan setia di tengah persaingan ritel yang semakin ketat.

Saat ini FamilyMart Indonesia telah mengoperasikan lebih dari 450 toko yang tersebar di Jabodetabek, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang, dan Bali. Dengan basis jaringan yang luas, aplikasi FamiGo diproyeksikan memberi kontribusi signifikan terhadap peningkatan kinerja perusahaan.

Selain itu, FamilyMart menegaskan komitmennya melalui slogan #SelaluAda, yang tidak hanya menjadi kampanye merek tetapi juga strategi bisnis untuk menjaga relevansi dengan kebutuhan konsumen sehari-hari.

Baca Juga: APRINDO: Pengusaha Ritel Alami Penurunan Penjualan 8% Dibanding Lebaran Tahun Lalu

“SelaluAda bukan hanya slogan. Ini adalah janji kami untuk hadir di setiap langkah pelanggan saat lapar tengah malam, ketika butuh camilan cepat, atau ketika ada keperluan belanja kebutuhan rumah tangga,” tambah Wirry.

Dengan peluncuran FamiGo, FamilyMart menegaskan posisinya sebagai pemain ritel modern yang adaptif terhadap tren digitalisasi sekaligus terus berinovasi untuk menjaga pertumbuhan bisnis di Indonesia.

Baca Juga: Ini Langkah Hijau Family Mart Dukung Keberlanjutan

Selanjutnya: Penuhi Kebutuhan Gas Dalam Negeri, Alokasi Ekspor Gas Dialihkan

Menarik Dibaca: Simak Ramalan Zodiak Keuangan & Karier Besok Sabtu 23 Agustus 2025

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
[Intensive Workshop] AI-Powered Scenario Analysis Procurement Strategies for Competitive Advantage (PSCA)

[X]
×