kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Motor Listrik Disubsidi, Yamaha Optimistis Pasar Motor Konvensional Tetap Ramai


Kamis, 23 Maret 2023 / 17:36 WIB
Motor Listrik Disubsidi, Yamaha Optimistis Pasar Motor Konvensional Tetap Ramai
ILUSTRASI. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing meyakini permintaan motor konvensional Yamaha akan tetap tinggi.KONTAN/Muradi/


Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meyakini permintaan terhadap motor konvensional Yamaha akan tetap tinggi, meski pemerintah baru saja memberi bantuan subsidi pembelian motor listrik.

Antonius Widiantoro, Asisten General Manager Marketing Public Relation Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menyampaikan, motor Internal Combustion Engine (ICE) pada dasarnya masih diminati dan kerap menjadi pilihan berkendara bagi masyarakat Indonesia.

Ini mengingat populasi motor listrik dan infrastruktur penunjangnya di Indonesia belum tumbuh secara masif. Dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membuat motor listrik memiliki pangsa pasar yang menyaingi motor konvensional. 

Baca Juga: Inilah Harga Motor Baru Skutik di Bawah Rp 20 Jutaan, Honda dan Yamaha Masih Naik

“Penetrasi motor listrik pasti akan berjalan secara bertahap,” imbuh dia, Kamis (23/3).

Model-model Yamaha pun masih tergolong kompetitif di pasar dan memiliki harga bervariasi yang disesuaikan dengan tipe maupun kategorinya. 

Alhasil, para konsumen dapat memilih model yang sesuai dengan kebutuhan berkendara masing-masing.

Sebagai contoh, dikutip dari situs Yamaha Indonesia, pabrikan asal Jepang ini memiliki model Mio M3 125 yang dibanderol Rp 17,40 juta, kemudian Fazzio sebesar Rp 22,65 juta, Aerox 155 sebesar Rp 27,42 juta, hingga Xmax 250 sebesar Rp 66 juta.

Yamaha juga sudah memulai pengembangan motor listrik di Indonesia. Saat ini, Yamaha tengah menjalankan tahap tes pasar untuk model motor listrik Yamaha E01. 

Tes pasar ini dilakukan sebagai upaya evaluasi yang mana Yamaha ingin mendapat masukan sebanyak-banyaknya dari konsumen untuk pengembangan motor listrik di Tanah Air.

Baca Juga: Periksa Harga Motor Yamaha R15 Connected, Sudah Naik Periode Maret 2023

Diharapkan Yamaha dapat mengembangkan motor listrik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia pada masa mendatang, baik dari sisi performa, fitur, desain, baterai, dan lain sebagainya.

“Tes pasar ini menjadi salah satu langkah persiapan yang dilakukan oleh Yamaha dalam menyambut era kendaraan listrik,” tandas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×