kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perpadi sebut harga gabah tingkat petani saat ini stabil


Selasa, 28 Mei 2019 / 17:03 WIB
Perpadi sebut harga gabah tingkat petani saat ini stabil


Reporter: Vendi Yhulia Susanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) menyebutkan harga gabah saat terbilang stabil jelang lebaran.  

“Saya kira tidak ada gejolak harga sekarang itu pada posisi stabil saja. Tergantung pada kualitas yang jelas di atas Rp 4.000/kg,” kata Ketua Umum Perpadi Sutarto Alimoeso, Senin (28/5).

Pasalnya, ketersediaannya yang cukup bahkan terbilang surplus. Di mana, periode ketersediaan gabah yang surplus terjadi pada bulan Maret hingga Agustus. Sedangkan, periode penurunan produksi gabah biasanya terjadi pada bulan September hingga Februari.

“Biasanya terjadi pergerakan harga Juli – Agustus karena itu kan panen kedua, terjadi pergerakan harga karena banyak pihak yang membeli untuk disimpan untuk dipasarkan pada bulan – bulan November, Desember, Januari dan Februari,” ucap dia.

Sebab itu, Perpadi berharap Pemerintah dapat menyerap gabah pada panen raya saat ini agar dapat didistribusikan setelah pada bulan Agustus.

“Alangkah baiknya pemerintah menyerap gabah pada bulan – bulan ini untuk didistribusikan setelah pada bulan Agustus. Jadi untuk mengisi pasar pada saat produksi di bawah kebutuhan yang biasanya terjadi pada September – Februari karena itu Pemerintah harus punya stok,” tutur dia.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Kelembagaan Bulog Firmansyah menyatakan, pemerintah terus melakukan penyerapan gabah sesuai HPP agar harga tidak jatuh.

"Jika terdapat informasi harga anjlok, Bulog akan hadir di sana untuk membantu petani," kata dia.

Firmansyah bilang, hingga saat ini penyerapan gabah atau beras petani oleh Bulog sudah mencapai 585 ribu ton setara beras dan akan terus dilakukan penyerapan untuk mencapai target 1,8 juta ton pada 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×