Sumber: Kompas.com | Editor: Uji Agung Santosa
JAKARTA. Penyedia jasa layanan telekomunikasi PT Smartfren Telecom (Smartfren) tertarik untuk terjun di binis e-commerce di Indonesia. Untuk itu Smartfren meluncurkan platform situs belanja online mereka yang diberi nama POP shop.
POP Shop menurut keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (23/12/2014), adalah respon Smartfren terhadap tingginya minat belanja online di Indonesia, terutama di kota-kota besar. POP Shop yang diklaim telah mendukung standarisasi keamanan belanja online dan menampilkan beragam produk Smartfren.
Produk-produk Smartfren yang bisa dijumpai konsumen di POP Shop antara lain perangkat tablet, dongle internet, serta smartphone Android dan Windows Phone. "Saat ini masyarakat Indonesia sedang dilanda demam belanja online, pembeli tidak perlu menghabiskan waktu dan mengeluarkan tenaga untuk pergi ke toko fisik, lebih efektif jika hanya menggunakan browser di perangkat mereka yang terkoneksi dengan internet," tulis Smartfren.
Sistem pembayaran yang digunakan POP Shop ada dua macam, yaitu pembayaran dengan kartu kredit dan metode COD (cash on delivery), yaitu pembeli membayar produk yang mereka beli secara tunai setelah barang diterima di tempat. Metode transfer melalui ATM belum didukung.
Langkah Smartfren yang terjun di bisnis e-commerce ini mengikuti tren yang terjadi di Indonesia, dimana penyedia jasa layanan telekomunikasi lain, seperti Telkomsel, Indosat dan XL juga memiliki platform bisnis e-commerce masing-masing.
Saat ini, XL memiliki situs e-commerce Elevenia.co.id dan Indosat memiliki Cipika.co.id. Sementara, Telkomsel memiliki situs Blanja.com yang baru diluncurkan akhir tahun ini dengan menggandeng E-Bay.
Situs e-commerce POP Shop milik Smartfren bisa dikunjungi melalui tautan http://smartfren.popsho.ps/
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News