kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.910.000   -13.000   -0,68%
  • USD/IDR 16.230   -112,00   -0,69%
  • IDX 7.214   47,18   0,66%
  • KOMPAS100 1.053   7,20   0,69%
  • LQ45 817   1,53   0,19%
  • ISSI 226   1,45   0,65%
  • IDX30 427   0,84   0,20%
  • IDXHIDIV20 504   -0,63   -0,12%
  • IDX80 118   0,18   0,16%
  • IDXV30 119   -0,23   -0,19%
  • IDXQ30 139   -0,27   -0,20%

Supra Boga betah garap ibukota


Rabu, 25 Maret 2015 / 06:42 WIB
Supra Boga betah garap ibukota
ILUSTRASI. 8 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C, Mulai dengan Kelelahan hingga Nyeri Sendi


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. PT Supra Boga Lestari Tbk sepertinya masih tersihir potensi bisnis menggiurkan di ibukota. Dari target pembukaan tiga gerai hingga empat gerai Ranch Market tahun ini, mayoritas hadir di Jakarta dan sekitarnya.

Demikian pula dengan rencana pembukaan gerai Farmers Market. Supra Boga berencana menambah satu gerai Farmers Market di Jalan Fatmawati Raya, Jakarta.

Dari target penambahan gerai tersebut, Supra Boga sudah merealisasikan pembukaan dua Ranch Market, yakni di Surabaya, Jawa Timur dan BD Serpong, Banten. Jadi, masih ada rencana pembukaan satu gerai hingga dua gerai Ranch Market. Rencananya, sisa target pembukaan gerai itu akan dilakukan pada kuartal III-2015.

Taksiran biaya investasi pembukaan per gerai adalah Rp 10 miliar. Dengan begitu, total investasi pembukaan maksimal empat gerai Ranch Market dan satu gerai Farmers Market tahun ini akan menelan dana Rp 50 miliar.

Perusahaan berkode RANC di Bursa Efek Indonesia itu tentu tak mau asal mengeluarkan kocek. Supra Boga berharap tambahan gerai anyar bisa mendukung target pendapatan tahun ini sebesar 1,85 triliun. Jika perusahaan itu mengaku mencetak pendapatan Rp 1,65 triliun sepanjang 2014 lalu, berarti target pertumbuhan pendapatan tahun ini adalah 12,12%.

Saking optimistisnya, Supra Boga bahkan sudah menargetkan pertumbuhan kinerja sejak di kuartal I-2015 nanti. "Tahun lalu kami masih bisa tumbuh double digit dan di kuartal I tahun ini kami masih tetap bisa bertumbuh ketika ritel lain justru malah mengalami minus," ujar Presiden Direktur PT Supra Boga Lestari Nugroho Setiadharma, Senin (24/3).

Strategi kejar target

Meski begitu, Supra Boga sadar tak akan imun dari dampak pelemahan rupiah. Untuk itu, perusahaan tersebut pasang dua strategi demi mendukung target itu.

Pertama, meluncurkan loyalty program atau program yang memberikan manfaat kepada konsumen. Program dengan sistem elektronik itu bisa diakses konsumen melalui telepon seluler (ponsel) mereka. 

Kedua, membikin aplikasi belanja online dengan menggandeng HappyFresh. Aplikasi besutan HappyFresh itu menawarkan lebih dari 40.000 produk yang bisa dipilih oleh para konsumen di sekitar wilayah Jabotabek. 

Saat ini, Supra Boga telah mengoleksi total 27 gerai. Dari jumlah itu, empat diantaranya berada di luar Jabodetabek. Meliputi satu gerai ada di Balikpapan, Kalimantan Timur dan tiga gerai di Surabaya. Keempatnya adalah gerai Ranch Market.

Meski porsi gerai di luar Jabodetabek masih minim, bukan berarti Supra Boga tak tertarik mengulik cuan di luar Jakarta. Supra Boga sejatinya berhasrat memperbesar pasar di Surabaya. "Kemungkinan besar Farmers Market masuk juga ke wilayah sekitar Surabaya tapi tidak tahun ini," ujar Nugroho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×