kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tujuh ruas tol dilelang tahun ini, tiga raksasa siap berebut


Sabtu, 27 Juli 2019 / 00:04 WIB
Tujuh ruas tol dilelang tahun ini, tiga raksasa siap berebut


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tiga entitas besar menunjukkan minat besar untuk mengikuti lelang tujuh proyek ruas tol yang segera dibuka pemerintah. Dua di antaranya merupakan badan usaha milik negara (BUMN), satu lainnya adalah raksasa otomotif Nasional.

Dari ketujuh ruas, saat ini baru Tol Balikpapan-Penajam Passer Utara yang lelangnya telah dilaksanakan dengan metode hak menyamakan penawaran (right to match) kepada PT Tol Teluk Balikpapan.

Sedangkan enam lainnya masih dalam tahap finalisasi desain. Keenamnya adalah Tol Semanan–Balaraja (31,9 kileromet), Tol Kamal–Teluknaga–Rajeg (38,6 kilometer), dan Akses Menuju Pelabuhan Patimban (37,7 kilometer).

Baca Juga: Jasa Marga (JSMR) Kebut Penyelesaian Empat Proyek Tol Ini

Kemudian, Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap (184 kilometer), Yogyakarta–Bawen (77 kilometer), dan Solo–Yogyakarta–New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulon Progo (91,93 kilometer).

"Minat banget," singkat Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani kepada Kompas.com di Kompleks Parlemen, Rabu (24/7).

Namun saat disinggung ruas mana yang diincar, Desi enggan mengungkapkannya. Minat serupa juga disampaikan CEO Toll Road Business Group Astra Infra Krist Ade Sudiyono.

Baca Juga: Operator Jalan Bebas Hambatan Bersiap Ikut Lelang BPJT

Meski demikian, ia meminta waktu untuk mempelajari terlebih dahulu potensi ekonomi dari masing-masing ruas yang ditawarkan untuk digarap. "Saya belum pelajari secara seksama. Tapi kita dukung terus pembangunan infrastruktur di Tanah Air," ujarnya.

Sementara itu, Corporate Secretary PT Waskita Toll Road Alex Siwu menyatakan, pihaknya tengah mengkaji terlebih dahulu ruas yang dilelang. "Kita belum tahu akan ikut ruas yang mana," singkatnya.

Untuk diketahui, kebutuhan investasi untuk membangun ketujuh ruas tersebut mencapai Rp 151,13 triliun.

Baca Juga: Astra Infra evaluasi berbagai peluang proyek jalan tol

Pemerintah melalui Kementerian PUPR pun mendorong keterlibatan swasta untuk berperan aktiv dalam menanamkan modal di sektor ini melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). (Dani Prabowo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tiga Raksasa Incar 7 Ruas Tol yang Dilelang Tahun Ini",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×