kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga batubara masih tertekan, begini strategi emiten batubara di sisa tahun ini


Selasa, 18 Agustus 2020 / 16:58 WIB
Harga batubara masih tertekan, begini strategi emiten batubara di sisa tahun ini
ILUSTRASI. Pertambangan batubara Bukit Asam (PTBA)


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar dan harga batubara masih dalam tekanan seiring dengan kondisi oversupply yang terjadi secara global. Sejumlah emiten batubara pun pasang strategi untuk memitigasi kondisi ini. Beberapa diantaranya memilih mengerem laju produksi.

Namun, PT Indika Energy Tbk (INDY) dan PT Bumi Resources Tbk (BUMI) belum berencana menempuh langkah tersebut. Head of Corporate Communication INDY Ricky Fernando mengatakan, pihaknya masih mengejar target yang telah disetujui pemerintah dalam Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) 2020 yang sebesar 30,95 juta ton. 

Baca Juga: Perhapi: Pengurangan produksi jadi opsi seimbangkan pasar batubara dalam negeri

Rencana produksi INDY tahun ini dibagi pada kedua anak usahanya, yakni Kideco Jaya Agung sebesar 29,65 juta ton dan Multi Tambangjaya Utama (MUTU) sebanyak 1,3 juta ton. "Hingga saat ini kami mempertahankan target produksi yang telah disepakati pemerintah sebanyak 30,95 juta ton," ujar Ricky kepada Kontan.co.id, Selasa (18/8).

Sepanjang Semester I-2020, INDY telah memproduksi 17,6 juta ton batubara. "Dari Kedico sebanyak 16,9 juta ton. MUTU sebanyak 746.000 ton," sambungnya.

Tak hanya INDY, BUMI pun masih mengejar target produksi. Direktur dan Sekretaris Perusahaan Bumi Resources Dileep Srivastava mengatakan, rencana produksi batubara BUMI untuk tahun ini masih berkisar di angka 85 juta ton-90 juta ton.

Produsen batubara terbesar di Indonesia ini mengeduk emas hitam dari kedua anak usahanya, yakni PT Kaltim Prima Coal dan PT Arutmin Indonesia. "Tidak berubah pada panduan tahun 2020 dari 85 MT - 90 MT," kata Dileep.

Baca Juga: Pangkas target produksi dan capex, Adaro: Kami terus mengikuti perkembangan pasar

Dalam catatan Kontan.co.id, target produksi batubara BUMI tersebut ditopang oleh KPC sebanyak 60 juta ton - 65 juta ton, serta produksi dari Arutmin sekitar 28 juta ton - 30 juta ton.

Menurut Dileep, target tersebut sudah menghitung peningkatan rencana produksi KPC dalam RKAB. Namun, peningkatan produksi belum diterapkan pada Arutmin lantaran masih menunggu perpanjangan PKP2B dan peralihan statusnya menjadi IUPK. "Hanya KPC (peningkatan produksi), Arutmin menanti konfirmasi status IUPK," sebutnya.

Setidaknya dalam dua tahun terakhir, produksi batubara BUMI memang terus bertumbuh. Pada tahun 2019 lalu, produksi BUMI mencapai 87 juta ton atau meningkat 8,34% dibandingkan capaian pada tahun sebelumnya yang sebesar 80,3 juta ton.

KPC menopang produksi batubara BUMI dengan porsi sekitar 70%. Sementara sisanya diisi oleh Arutmin. Hingga Semester pertama 2020, realiasi produksi BUMI berada di kisaran 41 juta ton-42 juta ton.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×