kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45790,50   -3,71   -0.47%
  • EMAS1.007.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.22%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.23%

Kata Antam setelah mendapat tugas dari Erick Thohir kelola Blok Wabu


Rabu, 23 September 2020 / 18:25 WIB
Kata Antam setelah mendapat tugas dari Erick Thohir kelola Blok Wabu
ILUSTRASI. The logo of PT Aneka Tambang Tbk is pictured at its headquarters in Jakarta, Indonesia, November 28, 2016. REUTERS/Beawiharta

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menugaskan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) untuk mengelola Blok Wabu, tambang emas hasil penciutan wilayah PT Freeport Indonesia (PTFI). ANTM pun mengaku siap menjalankan penugasan tersebut.

Senior Vice President Corporate Secretary ANTM Kunto Hendrapawoko menyampaikan, perusahaan mineral plat merah itu menyambut baik kesempatan untuk mengelola lahan eks Freeport tersebut.

Dia menilai Blok Wabu masih prospektif, sehingga penugasan ini membawa prospek yang baik bagi pengembangan ANTM.

"Kesempatan ini menjadi prospek yang baik bagi Antam sebagai bagian dari Holding Industri Pertambangan MIND ID untuk memperkuat portofolio komoditas emas Perusahaan," kata Kunto saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (23/9).

Baca Juga: Erick Thohir tugasi Antam garap Blok Wabu eks Freeport, MIND ID: Layak secara ekonomi

Apalagi, dengan komposisi holding tambang BUMN yakni MIND ID saat ini, membuka kesempatan sinergi pengelolaan aset pertambangan dalam pengembangan hilirisasi bisnis mineral yang terintegrasi.

Saat ini pun, sambung Kunto, ANTM mengelola komoditas emas dari hulu ke hilir mulai dari aktivitas eksplorasi hingga penambangan, serta pengelolaan emas di pabrik pengolahan dan pemurnian logam mulia.

Adapun, penambangan tambang emas ANTM saat ini ada di wilayah Pongkor dan Cibaliung. "Saat ini kapasitas produksi dari tambang emas Antam ada dikisaran 2 ton per ton," sambung Kunto.

Menurutnya, ANTM juga berupaya menjaga kesinambungan jumlah sumber daya dan cadangan mineral yang dimilikinya dengan melakukan eksplorasi di wilayah prospek serta di beberapa daerag Izin Usaha Pertambangan (IUP) eksisting. "Guna memastikan kesinambungan operasi jangka panjang," imbuh Kunto.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×