kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasokan listrik dipastikan aman jelang Lebaran


Minggu, 09 Mei 2021 / 09:58 WIB
Pasokan listrik dipastikan aman jelang Lebaran
ILUSTRASI. Pasokan listrik jelang Lebaran aman


Reporter: Filemon Agung | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang Hari Raya Idul fitri 1442 H, pemerintah memastikan pasokan listrik dalam kondisi aman.

Tim Posko Nasional Idul fitri Subsektor Ketenagalistrikan melaporkan tanggal 5 Mei 2021, periode beban puncak malam hari, keseluruhan sistem kelistrikan dilaporkan dalam kondisi aman.

Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Munir Ahmad mengungkapkan, secara keseluruhan Daya Mampu Pasok Nasional sebesar 42.921,12 MW dan Beban Puncak sebesar 36.709,42 MW. Sehingga kapasitas cadangan daya nasional sebesar 6.211,70 MW, atau sebesar 16,92%.

"Selain memantau kondisi kelistrikan nasional PLN, Tim Posko juga memantau beberapa wilayah usaha penyediaan tenaga listrik di luar PLN," terang Munir dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Minggu (9/5).

Munir menambahkan, Posko Idul Fitri subsektor ketenagalistrikan ini diselenggarakan secara virtual pada H-7 hingga H+7 Idul fitri, mulai Kamis (6/5) hingga Jumat (21/5). 

"Ditjen Ketenagalistrikan melalui Inspektur Ketenagalistrikan siap mengantisipasi kejadian khusus selama periode Idul Fitri, sehingga masyarakat dapat merayakan Idul fitri dengan aman dan nyaman," imbuh Munir.

Baca Juga: Surabaya jadi kota pertama yang operasikan pembangkit listrik tenaga sampah

Dia pun memastikan Inspektur Ketenagalistrikan siap turun ke lapangan dan berkoordinasi dengan PLN bila terdapat kejadian khusus.

Sementara itu, Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Wanhar dalam Rapat Koordinasi Petugas Posko Idul fitri meminta PLN dapat mengantisipasi faktor alam tersebut sehingga pelaksanaan Idul fitri dapat berjalan dengan baik.

"Kondisi alam ini harus kita antisipasi sehingga nanti tidak hanya kita yang berada di tengah kota dengan sistem kelistrikan yang baik yang bisa menikmati hari raya. Teman-teman kita yang di daerah terpencil harus tetap kita perhatikan, sehingga semuanya berjalan lancar," pungkas Wanhar. 

Selanjutnya: Komersial tiga pembangkit jumbo ditunda, APLSI: Kami paham kondisi PLN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×