Reporter: Ali Imron | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Mercedes Benz tersenyum puas. Meski krisis finansial global menghadang, penjualan mobil merek Mercy mereka sepanjang 2008 berhasil menembus terget penjualan sebanyak 2.400 unit. Itu artinya, terjadi kenaikan penjualan sebesar 12% bila dibandingkan dengan 2007 yang hanya menembus 2.167 unit.
Dengan adanya prestasi itu tentu semakin mengukuhkan Mercedes Benz sebagai market leader di segmen premium. Tak hanya itu, Mercedes juga tetap mempertahankan market share mereka sebesar 67% di tahun lalu. “Market share kami masih tetap sama dengan 2007,” tandas Public Relation Mathilda Jeanette, Senin 12/1 di Jakarta.
Pencapaian tersebut membuat posisi Mercedes tidak terkejar oleh kompetitor lain. Apalagi kompetitor terdekat mereka yaitu BMW, cuma mampu meraih 30% pasar pasar. Sementara produsen mobil lainnya hanya mampu menguasai sebagian kecil market share yang ada. Sebut saja Audi 4,6%, Volvo 3,4%, Jaguar 1,7% dan Lexus dengan 0,3%.
Nah, dari semua seri Mercedes, Mercedes C Class memberikan kontribusi terbesar bagi penjualan sekitar 1.250 unit. Sedangkan Mercedes E Class sekitar 491 unit dan S Class dengan kontribusi sebanyak 350 unit. Sisanya disumbangkan dari kendaraan niaga.
Untuk target 2009, Mercedes masih sedang menyusunnya. Harapannya mereka tetap mempertahankan penjualan sekaligus mempertahankan posisi sebagai market leader. Hanya mereka mengakui kondisi akan tetap sulit karena tsunami krisis finansial global.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News