kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina EP gencar berdayakan masyarakat di wilayah operasi Tambun Field


Rabu, 25 September 2019 / 16:38 WIB
Pertamina EP gencar berdayakan masyarakat di wilayah operasi Tambun Field
ILUSTRASI. Pengeboran Sumur ST-194 Pertamina EP


Reporter: Filemon Agung | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -KARAWANG. PT Pertamina EP terus melakukan pemberdayaan masyarakat di sekitar area operasi lewat sejumlah kegiatan.

Pada Rabu (25/9), Pertamina EP melalui Pertamina EP Asset 3 Tambun Field meresmikan program pemberdayaan masyarakat di wilayah Kabupaten Karawang. Acara yang dilaksanakan di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang.

Baca Juga: RSPP: Seorang demonstran mengalami cidera kepala dengan pendarahan

Acara tersebut dihadiri Hendro Subroto Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, M. Wahidin selaku Plt Kepala Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan (BBP2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

kemudian Direktur PT Agarindo Bogatama Soerianto Kusnowirjono, Ceppy Agung Kurniawan selaku Tambun Field Manager, Heri Fandra selaku Asset 3 Legal & Relations Manager serta pemerintah daerah setempat.

Acara yang bertajuk “Seanergy Pesisir Berseri” ini terdiri atas empat rangkaian kegiatan, yaitu peresmian gudang Koperasi Mina Agar Makmur, peresmian Dapur Kreatif Anugerah Pertiwi, peluncuran aplikasi Seanergy, dan deklarasi serta penandatanganan komitmen Karawang Bebas Pernikahan Dini dan Kekerasan Perempuan, Anak Semakin Maju dan Mandiri (Karawang Berseri).

Pertamina EP Asset 3 Tambun Field Manager Ceppy Agung Kurniawan mengatakan, gudang rumput laut yang dibangun di Desa Sedari merupakan pengembangan Koperasi Mina Agar Makmur.

Sebelumnya Koperasi Mina Agar Makmur hanya memiliki satu gudang di Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya. Namun, produksi rumput laut yang terus meningkat setiap tahun membuat kapasitas gudang Koperasi Mina Agar Makmur sudah tidak mampu lagi menampung lagi.

“Melihat kondisi tersebut, kami berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar memberikan bantuan gudang rumput laut di Desa Sedari," terang Ceppy.

Baca Juga: BPH Migas siapkan jaringan bistribusi untuk topang pasokan gas ke ibu kota baru

Gudang baru rumput laut ini merupakan bentuk ekspansi mitra binaan Pertamina Asset 3 Tambun Field dengan harapan semakin meluasnya penerima manfaat program.

Selain peresmian gudang baru, Pertamina EP Asset 3 Tambun Field juga meluncurkan aplikasi Seanergy untuk mendukung sistem pencatatan kegiatan Koperasi Mina Agar Makmur. “Dengan aplikasi Seanergy data koperasi dapat terdokumentasi dan tertata dengan baik,” ujar Novian Arie Purnomo, Sekretaris Koperasi Mina Agar Makmur.

Senada, Ceppy berharap dengan adanya aplikasi Seanergy, data-data koperasi dapat terintegrasi dalam perangkat digital sehingga tidak khawatir akan kehilangan data.

Sementara itu, Ketua Koperasi Mina Agar Makmur Usup Supriatna sangat berterima kasih dan mengapresiasi bantuan yang telah diberikan oleh Pertamina EP Asset 3 Tambun Field.

Dia berharap dengan adanya gudang baru, produksi kelompok dapat terus meningkat. Usup turut berterima kasih atas kehadiran aplikasi Seanergy. "Dengan adanya aplikasi ini, pengelolaan data petani tambak dan produksinya akan menjadi sistematis,” kata Usup.

Baca Juga: Jalin sinergi, PT Pertamina EP Asset 4 Papua hemat pengeluaran

Disisi lain, Soerianto menjelaskan, Agarindo mendukung pengembangan dan pengelolaan hulu-hilir rumput laut oleh Koperasi Mina Agar Makmur. Asal tahu saja, Agarindo menyerap sekitar 1.500 ton rumput laut yang dihasilkan Koperasi Mina Agar Laut dari total penyerapan Agarindo setiap tahun sekitar 15.000-18.000 ton per tahun.

"Kami juga  ikut memberikan masukan kepada mereka untuk perbaikan kualitas rumput laut. Ini kan secara langsung akan meningkatkan harga beli ke produsen," terang Soerianto.

Sebagai bentuk komitmen untuk terus menebarkan kebermanfaatan bagi masyarakat, Pertamina EP Asset 3 Tambun Field juga meresmikan program pemberdayaan masyarakat baru yakni Program Olahan Rumput Laut dengan sasaran Kelompok Anugerah Pertiwi yang berada di Desa Pisangsambo, Kecamatan Tirtajaya.

Bekerjasama dengan BBP2HP, kelompok yang sebagian besar anggotanya terdiri dari ibu-ibu ini kini mampu membuat olahan rumput laut jenis Glacilaria sp berupa Agar Strip. Agar Strip merupakan makanan yang mengandung serat tinggi dan cocok dijadikan menu diet. Makanan tersebut banyak dipasarkan di luar negeri seperti Jepang dan Cina.

"Agar Strip yang dihasilkan Kelompok Anugerah Pertiwi merupakan produk Agar Strip pertama dan satu-satunya yang diproduksi di Indonesia," ujar  Wahidin, Plt. Kepala BBP2HP Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Baca Juga: Pertamina: Kelebihan penerimaan karena formula harga BBM berubah

Selain itu, demi mendukung Program Karawang Bebas Pernikahan Dini dan Kekerasan Perempuan, Anak Semakin Maju dan Mandiri (Karawang Berseri), segenap tim manajemen, pekerja dan mitra binaan yang hadir dalam acara tersebut melakukan deklarasi dan penandatanganan komitmen pencegahan kekerasan perempuan dan anak.

"Kegiatan ini merupakan langkah awal dari tim internal dan mitra binaan untuk turut mendukung program Pemerintah Kabupaten Karawang dalam rangka mewujudkan perlindungan terhadap perempuan dan Kota Layak Anak," ujar Ceppy.

Dalam bidang implementasi pemberdayaan masyarakat, komitmen Pertamina EP Tambun Field sudah diakui oleh berbagai pihak independen. Hal tersebut terbukti dengan diraihnya berbagai macam penghargaan antara lain predikat emas PROPER Kementerian Lingkungan Hidup pada 2018 serta penghargaan Indonesian Sustainability Development Goals Award 2019.

Baca Juga: Pertamina EP bantu padamkan Karhutla di Riau dan Kalimantan Utara

Acara yang berlangsung dari pagi hingga siang tersebut ditutup dengan peninjauan Dapur Kreatif, tempat pengolahan rumput laut Kelompok Anugerah Pertiwi. Dalam peninjauan, Ceppy menungkapkan harapannya agar perusahaan, pemerintah dan masyarakat dapat terus bersinergi  sehingga program pemberdayaan masyarakat dapat berjalan secara berkelanjutan dan dirasakan manfaaatnya oleh masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×