kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.521.000   11.000   0,73%
  • USD/IDR 15.678   -76,00   -0,49%
  • IDX 7.778   -11,02   -0,14%
  • KOMPAS100 1.204   -2,23   -0,19%
  • LQ45 952   -2,11   -0,22%
  • ISSI 235   -0,81   -0,34%
  • IDX30 491   -0,71   -0,14%
  • IDXHIDIV20 586   -1,94   -0,33%
  • IDX80 137   -0,33   -0,24%
  • IDXV30 143   0,12   0,08%
  • IDXQ30 163   -0,36   -0,22%

Perusahaan FMCG Bisa Jadi Pemimpin Pasar Jika Konsisten Lakukan Inovasi Produk


Rabu, 23 Oktober 2024 / 11:27 WIB
Perusahaan FMCG Bisa Jadi Pemimpin Pasar Jika Konsisten Lakukan Inovasi Produk
ILUSTRASI. Produk FMCG: Warga memilih barang kebutuhan di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta (10/9/2023).. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Persaingan di sektor Fast Moving Consumer Goods (FMCG) semakin ketat, terutama di Indonesia.

Namun, beberapa pemain industri lama, seperti Unilever Indonesia, dinilai masih memiliki potensi besar untuk terus meningkatkan pangsa pasarnya melalui strategi inovasi produk yang tepat.

Baca Juga: Konsumen Indonesia Lebih Berhati-hati Berbelanja di Tengah Ketidakpastian Ekonomi

“Inovasi produk tentu berpengaruh terhadap pangsa pasar, terutama jika inovasi tersebut selaras dengan permintaan pasar dan preferensi konsumen,” jelas Nailul Huda, ekonom Center of Economic and Law Studies (Celios) dalam keterangannya, Selasa (22/10).

Menurutnya, pengembangan produk yang sesuai tren dan kebutuhan konsumen menjadi faktor penting dalam memperluas atau mempertahankan pangsa pasar yang ada.

Selain inovasi, Nailul menekankan pentingnya menciptakan portofolio produk yang sesuai dengan daya beli konsumen dari berbagai segmen.

Kombinasi ini dapat meningkatkan efisiensi produksi, sehingga perusahaan dapat menawarkan harga yang kompetitif.

Faktor lain yang tidak kalah penting adalah kepercayaan terhadap merek.

“Konsumen cenderung memilih brand yang sudah dikenal dan dipercaya,” tambahnya.

Inovasi yang sesuai dengan tren, seperti produk yang ramah lingkungan atau memiliki nilai sosial, juga menjadi faktor penting dalam mempertahankan daya tarik produk di mata konsumen.

Baca Juga: Deretan Emiten yang Tersengat Deflasi 5 Bulan Beruntun

Namun, Nailul mengingatkan bahwa kemampuan adaptasi terhadap perubahan perilaku konsumen sangat penting untuk menjaga pangsa pasar.

Jika perusahaan gagal beradaptasi, mereka berisiko kehilangan konsumen dan mengalami penurunan penjualan.

“Investasi dalam inovasi memang mahal, tapi dalam jangka panjang dapat memberikan hasil positif bagi perusahaan,” tutupnya.

Selanjutnya: Pamor ATM Makin Turun, Perbankan Pilih Optimalkan Layanan

Menarik Dibaca: Ternyata, Ini 6 Barang yang Menyebabkan Jerawat Muncul di Wajah Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet

[X]
×