kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.907.000   -4.000   -0,21%
  • USD/IDR 16.212   -17,00   -0,10%
  • IDX 6.865   -12,86   -0,19%
  • KOMPAS100 999   -3,55   -0,35%
  • LQ45 764   -2,07   -0,27%
  • ISSI 226   -1,00   -0,44%
  • IDX30 393   -1,12   -0,29%
  • IDXHIDIV20 455   -0,68   -0,15%
  • IDX80 112   -0,32   -0,28%
  • IDXV30 114   0,03   0,02%
  • IDXQ30 127   -0,74   -0,58%

Ritel Fashion Masih Tertekan, Gerai Department Store Terus Berguguran


Jumat, 04 Juli 2025 / 19:54 WIB
Ritel Fashion Masih Tertekan, Gerai Department Store Terus Berguguran
ILUSTRASI. Konsumen berbelanja di gerai ritel modern Matahari Departement Store Tbk (LPPF), Bekasi, Jawa Barat, Selasa (21/5/2024). Pada penutupan perdagangan saham selasa (21/05/24) saham LPPF melonjak cukup tajam 6,49% ke posisi 1640. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/21/05/2024


Reporter: Leni Wandira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Prospek industri ritel fashion, khususnya segmen department store masih menghadapi tekanan berat di semester II-2025.

Meski tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan terus meningkat, perubahan pola belanja dan belum pulihnya daya beli kelas menengah ke bawah menjadi tantangan utama.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja menilai, fenomena penutupan gerai department store bukanlah hal baru.

Baca Juga: Tren Belanja Berubah, Bisnis Department Store Terus Tertekan

Sejumlah nama besar seperti Lotus, Centro, hingga Golden Truly telah lebih dulu menghentikan operasional secara permanen.

Terbaru, PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) kembali menutup salah satu gerainya.

Kali ini, giliran Matahari Plaza Kalibata, Jakarta Selatan, yang resmi berhenti beroperasi baik secara luring maupun daring terhitung mulai Selasa, 1 Juli 2025.

"Pergeseran gaya belanja menjadi penyebab utama. Di kota-kota besar, konsumen kini tidak hanya mencari produk, tapi juga pengalaman berbelanja yang unik dan bermakna," ujar Alphonzus kepada Kontan.co.id, Jumat (4/7).

Customer Experience Jadi Kunci Bertahan

Tren belanja berbasis customer experience menjadi pembeda utama antara toko fisik dan e-commerce.

Baca Juga: Matahari Plaza Kalibata Tutup, Ini Penjelasan Manajemen

Jika peritel tidak mampu menghadirkan pengalaman belanja yang personal dan menarik, maka risiko kehilangan pelanggan akan terus meningkat.

"Jika customer journey tidak kuat, maka toko fisik langsung berhadapan dengan persaingan e-commerce. Inilah yang menyebabkan banyak gerai mulai ditinggalkan," tegas Alphonzus.

Meski demikian, secara umum lalu lintas pengunjung mal menunjukkan tren pemulihan.

Banyak mal baru yang dibuka dan antusiasme masyarakat terhadap aktivitas belanja offline mulai membaik. Namun, pertumbuhan ini tidak dirasakan merata di semua kategori ritel.

"Segmen hiburan, makanan, dan minuman justru mengalami lonjakan signifikan. Sementara kategori fashion, khususnya department store, masih tertekan," imbuhnya.

Baca Juga: Apindo Buka Suara Soal Kabar Matahari yang Bakal Tutup Beberapa Gerainya

Peritel Dituntut Bertransformasi

Alphonzus menyebut, daya beli segmen menengah bawah belum sepenuhnya pulih, sehingga turut menekan performa ritel fashion yang menyasar pasar tersebut.

Meski begitu, peluang tetap terbuka bagi peritel yang mampu beradaptasi dengan kebutuhan zaman.

Beberapa strategi yang disarankan antara lain menghadirkan pengalaman belanja personal dan interaktif, memanfaatkan teknologi, menyediakan layanan kustomisasi, serta menjalin kolaborasi dengan merek lokal dan komunitas.

“Fashion masih bisa tumbuh, tapi tidak lagi bisa mengandalkan pola lama. Mereka harus menjadi bagian dari gaya hidup pelanggan, bukan sekadar toko,” tutup Alphonzus.

Selanjutnya: Solusi Sinergi Digital (WIFI) Optimistis Menang Lelang Spektrum 1,4 Ghz

Menarik Dibaca: BSU Bisa Disalurkan Lewat Aplikasi Pospay lo, Begini Prosesnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Owe-some! Mitigasi Risiko SP2DK dan Pemeriksaan Pajak

[X]
×