kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tips mencegah rayap menyerang rumah Anda


Senin, 31 Juli 2017 / 17:46 WIB
Tips mencegah rayap menyerang rumah Anda


Reporter: Rizki Caturini | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Rayap menjadi masalah bagi para penghuni perumahahan lantaran bisa membuat kayu menjadi keropos.  Bahkan jika tidak segera diantisipasi, sekelompok rayap bisa merubuhkan rumah. Biasanya, rayap ditemukan bagian atap rumah yang masih terbuat dari bahan kayu.

Lalu, bagaimana cara mencegah rayap menyerang rumah Anda? Berikut beberapa tipsnya.

Membersihkan saluran air dan selokan

Rayap menyukai lingkungan yang lembap dan menyerap banyak air. Oleh karena itu, bersihkan saluran air di lingkungan rumah Anda secara teratur. Selain itu, perhatikan selokan di depan atau samping rumah Anda. Jangan sampai tersumbat oleh sampah-sampah yang akhirnya membuat aliran airnya tidak lancar.

Jika kondisi seperti itu tidak diantisipasi, maka sangat mungkin menjadi sarang hewan yang bisa mengganggu dan merusak rumah, seperti halnya rayap.

Memperbaiki pipa dan kran air yang bocor

Kegiatan ini untuk mengantisipasi area rumah yang lembab karena rembesan air tersebut. Jika kelembapan tinggi terjadi, bukan tidak mungkin rayap berkembang biak di situ dan bisa memakan perabot rumah Anda yang terbuat dari kayu.

Oleh karena itu, segera perbaiki kran air yang bocor atau sudah rusak. Jika perlu, Anda harus menggantinya karena sudah rusak. Jangan menunggu lebih lama lagi hingga rayap menyerang rumah Anda hanya gara-gara masalah sepele yang dibiarkan berlarut-larut hingga menyebabkan kerusakan parah di kemudian hari.

Ratap memang sangat menyukai elemen kayu yang berasal dari pohon-pohonan. Namun demikian, tidak semua kayu mau dimakan dan digerogoti oleh rayap.

Pasalnya, kayu yang sangat keras dan padat pasti tidak bisa dimakan oleh rayap. Kecuali, kayu tersebut sudah lembab dan lapuk, sehingga lebih lunak kondisi fisiknya. Dengan kondisi seperti itu, pasukan rayap pun siap menyerang dan menggerogoti kayu tersebut.

Mengurangi penggunaan elemen kayu

Anda sebagai pemilik hunian rumah sebaiknya mengurangi penggunaan kayu di rumah. Sebagai contoh yang mudah, bagian atap rumah yang biasanya banyak terbuat dari kayu. Bagian atap yang terkena guyuran hujan tiap hari saat musim penghujan, pasti menjadi cukup lembab hingga membuat pasukan rayap menyerang.

Untuk mengantisipasinya, Anda perlu menyemprotkan obat anti rayap pada kayu-kayu di atap rumah tersebut. Cara yang lain, yaitu mengganti atap rumah dari kayu dengan bahan baja ringan yang sekarang banyak rumah memakainya.

Memberi jarak furnitur dengan tembok 

Biasanya, rayap masuk ke dalam rumah melalui celah-celah tembok. Lalu, rayap tersebut mulai menyerang elemen kayu pada furnitur rumah Anda. Untuk mengantisipasinya, berikan jarak antara tembok atau dinding rumah dengan perabot furnitur. Dengan begitu, rayap tidak akan menyerang. Selain itu, segera tambal celah-celah tembok di rumah agar rayap tidak bisa masuk.

Sumber: (Rumahku.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×